Masuk Bursa Pengganti Taufik, Hanafi Rais: Kita Cooling Down Dulu

Ahmad Hanafi Rais
Sumber :
  • hanafirais.com

VIVA – Posisi Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PAN akan lowong pasca Taufik Kurniawan tersangkut kasus hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Putra Amien Rais yang juga Wakil Ketua Umum PAN, Hanafi Rais digadang-gadang menggantikan posisi Taufik.

Suap Bowo Sidik, Eks Bos Humpuss Transportasi Kimia Dituntut 2 Tahun

Merespons isu itu, Hanafi menjawab dengan santai karena saat ini PAN cooling down terlebih dahulu.

"Untuk saat ini kita cooling down lebih dahulu saja," kata Hanafi, Jumat 16 November 2018.

Suap APBN Papua Barat, Legislator PAN Sukiman Divonis 6 Tahun Penjara

Hanafi mengatakan, untuk pengisian jabatan wakil ketua DPR, PAN memiliki kader yang banyak. Ia menekankan, pengganti Taufik diputuskan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

"Siapa yang diputuskan oleh DPP PAN sebagai wakil ketua tentulah kader yang terbaik dan PAN memiliki banyak kader mumpuni," ujarnya.

Politisi PDIP Didakwa Terima Suap Impor Bawang Putih Rp3,5 Miliar

Terkait kesiapan dirinya bila ditunjuk sebagai wakil ketua DPR, ia enggan berandai-andai. "Yang jelas ada mekanisme nantinya yang akan ditunjuk sebagai wakil ketua DPR," tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, mengatakan, partainya akan berkomunikasi dengan pimpinan DPR dalam proses pergantian Taufik Kurniawan. Ia menambahkan, akan mengajukan calon pimpinan DPR dari kandidat kader PAN yang punya rekam jejak baik, senior di parlemen dan memiliki skill komunikasi yang baik.

Eddy pun menyebut sejumlah nama yang digodok secara internal untuk menggantikan Taufik.

"Dalam hal ini kita juga memiliki wakil ketua umum, ada Mulfachri Harahap, ada Hanafi Rais, Totok Daryanto, ada Viva Yoga. Kita juga punya Ketua Fraksi MPR Pak Alimin Abdullah. Kita juga punya pimpinan di komisi misalnya Pak Ali Taher, Teguh Juwarno. Mereka inilah yang akan kami bicarakan kemudian, kita godok namanya," tutur Eddy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya