Dua Pasangan Capres-Cawapres Masih Sibuk Jual Sensasi

Joko Widodo dan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA – Lingkaran Survei Indonesia menilai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2019 lebih banyak menjual sensasi ketimbang menampilkan gagasan, konsep dari hal yang akan dikerjakan bila kelak terpilih.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Hasil data survei yang dilakukan selama satu bulan disebutkan lebih banyak mendominasi soal sensasi di media sosial. 

"Kampanye saat ini lebih banyak noise yang lebih banyak sensasi. Itu terbukti dari hasil penelitian LSI satu bulan berjalan yang menjadi top issue adalah isu sensasional. Ini kemudian mendominasi di media dan media sosial," ucap peneliti LSI Adjie Alfaraby di dalam diskusi soal politik di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, 17 November 2018. 

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

Selain itu, Adjie menilai jika pertarungan antarkedua kubu Jokowi versus Prabowo bukanlah hal yang baru. Maka dari itu, dia mengimbau kepada masing-masing tim kampanye untuk tidak sibuk menyebarkan sensasi. 

LSI juga menyarankan agar kedua pasangan capres dan cawapres menyuarakan gagasan yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia. 

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

"Masyarakat itu sudah gerah dengan sensasi-sensasi perdebatan yang dibuat. Ini bukan pertarungan baru sehingga publik tahu siapa Jokowi siapa Prabowo. Sehingga isu yang bersifat sensasional untuk meningkatkan popularitas untuk mengambil simpati seharusnya lebih kepada narasi," ujarnya.

"Sehingga diharapkan adanya gagasan yang muncul," tutur Adjie.

Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia (MWL) Syekh Mohammed Al-Issa.

Organisasi Liga Muslim Dunia Ucapkan Selamat ke Prabowo: Semoga RI Makin Maju

Presiden terpilih RI 2024-2029, Prabowo Subianto kembali menerima ucapan selamat atas kemenangannya dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024