Tanggapi BIN, Gerindra: Radikalisme Tidak Identik Keburukan

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Sodik Mudjahid
Sumber :

VIVA – Partai Gerindra mempertanyakan rilis Badan Intelijen Negara yang menyebut ada 41 masjid di lingkungan pemerintah yang terindikasi terpapar radikalisme.

Lebaran Aman dari Gangguan Terorisme, Komisi III DPR Apresiasi BNPT

Gerindra mengkritik rilis itu karena tak lebih dahulu dijelaskan pengertian radikalisme. Namun, partai oposisi itu berpendapat, radikalisme sesungguhnya tak selalu bermakna atau berdampak negatif.

"Radikalisme tidak identik dengan negatif dan keburukan. Sumpah pemuda adalah salah satu bukti tindakan radikal," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra, Sodik Mudjahid, lewat keterangan tertulisnya, Senin, 19 November 2018.

Pakar Dukung BNPT Tangkal Konten Radikalisme: Butuh Keterlibatan Banyak Pihak

Wakil Ketua Komisi VIII DPR yang membidangi agama itu juga mempertanyakan pihak yang bagaimana yang sering dianggap radikal: bertentangan dengan Pancasila atau hanya mengkritik pemerintah. Dia malahan curiga bahwa yang dianggap radikal itu sebenarnya cuma kritis terhadap pemerintah.

Maka, katanya, perlu pendekatan yang tepat terhadap sikap kritis di lingkungan masjid. Dia menilai memang banyak kalangan muda kritis yang di lingkungan masjid. "Masjid-masjid, kampus dan masjid-masjid BUMN penuh dengan pemuda-pemuda mahasiswa kaum milenial yang cerdas dan berwawasan, tapi kritis," ujarnya.

Senada dengan BNPT, Guru Besar UI Sebut Perempuan, Anak dan Remaja Rentan Terpapar Radikalisme

BIN mengungkap ada 41 dari 100 masjid di lingkungan kementerian, lembaga, serta BUMN yang terindikasi terpapar radikalisme. Masjid itu dibagi dalam tiga klasifikasi level: rendah, sedang, dan tinggi.

Rinciannya, sebagaimana dinyatakan  Staf Khusus Kepala BIN Arief Tugiman, 11 masjid kementerian, 11 lembaga, dan 21 masjid BUMN.

Ilustrasi penangkapan teroris.

Mantan Teroris Poso Dukung Penuntasan Masalah Terorisme di Sulawesi Tengah

Mantan narapidana kasus terorisme, Arifuddin Lako, mendukung upaya BNPT dan Kepolisian dalam menuntaskan masalah radikalisme terorisme di Sulawesi Tengah. 

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024