Sindir Grace Natalie soal Perda Syariah, Amien Rais: Sangat Gegabah

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais (tengah).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Mantan Ketua Umum Muhammadiyah, Amien Rais, mengatakan agama dan politik tak bisa dipisahkan. Menurutnya, hal itu juga terkandung dalam Pancasila sehingga bila ada pihak tak sepakat dengan penerapan Peraturan Daerah Syariah sama saja dengan anti pancasila.

Amien Rais Temui Abu Bakar Ba’asyir di Ngruki, Ada Apa?

"Menurut saya memisahkan agama dengan politik adalah tindakan yang sangat gegabah karena itu anti pancasila," kata Amien usai menghadiri Milad ke-106 Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Jawa Timur, pada Selasa, 20 November 2018.

Amien sepakat jika daerah-daerah tertentu menerapkan Perda Syariah. Ia menyebut daerah seperti Aceh punya alasan rasional menerapkan perda syariah.

Amien Rais Ubah Singkatan MK: Majelis Khianat

"Setiap wilayah, misalnya Aceh, menerapkan Perda Syariah, tapi dalam kerangka hukum Indonesia, kenapa tidak? Dari pada nanti Papua keluar, Aceh keluar," sebut Amien yang juga Ketua Dewan Kehormatan PAN itu.

Polemik Perda Syariah mencuat mengekori isu politik dalam kampanye Pemilihan Presiden. Hal ini menjadi heboh lantaran ucapan Ketua Umum PSI, Grace Natalie, menyampaikan secara terbuka soal keinginan partai yang dipimpinnya bila lolos ke parlemen.

Partai Ummat Dukung Anies Baswedan dan Cak Imin di Pilpres 2024

Grace bicara di hadapan ribuan kader partai bahwa salah satu tugas utama yaitu tak akan mendukung pembahasan perda-perda yang berbau agama.

Pernyataan itu disampaikan Grace saat acara HUT ke-4 pada Minggu, 11 November 2018. Menurut Grace, perda berbau agama karena dinilai dapat menimbulkan diskriminasi, ketidakadilan, dan tindakan intoleransi.

Prabowo dan Amien Rais

Video Detik-detik Amien Rais Bertemu Prabowo, Rela Serobot hingga Cegat Demi Bisa Salaman

Saat rombongan Prabowo baru turun mobil tiba-tiba Amien Rais muncul dari balik tubuh ajudan Prabowo, Mayor Teddy. Amien Rais mengincar untuk bisa bersalaman dengan capres

img_title
VIVA.co.id
6 Maret 2024