Amien Rais Ancam Jewer Ketua PP Muhammadiyah

Mantan Ketua PP Muhammadiyah Amien Rais
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Sikap Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir yang membebaskan warga Muhammadiyah dalam memilih calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019, dikritik Amien Rais.

Muhammadiyah: Prabowo Harus Menyerap Aspirasi Anies, Cak Imin, Ganjar, dan Mahfud

Penasihat Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu menilai, Haidar Nasir telah melakukan penyelewengan. Hal itu disampaikan Amien saat Tabligh Akbar dan Resepsi Milad ke-106 Masehi Muhammadiyah di Islamic Center Surabaya, Selasa, 21 November 2018. 

"Tidak boleh sampai nanti Haedar Nasir mengatakan untuk pilpres terserah masing-masing, monggo. Itu namanya bukan fatwa. Itu namanya penyelewengan. Tidak boleh," ujar Amien.

Dedie Rachim Kabarkan Idul Fitri Tingkat Kota Bogor Digelar Bersamaan 10 April

Amien meminta PP Muhammadiyah tegas dalam menentukan pilihan capres-cawapres. Pemilihan capres-cawapres itu tidak bisa dikatakan terserah pada kader. Amien menyatakan, organisasi Muhammadiyah harus tegas menentukan siapa yang pantas untuk dipilih warga Muhammadiyah. 

Berbeda dengan calon anggota legislatif. Amien masih memahami kalau warga Muhammadiyah bebas menentukan pilihan pada pemilihan anggota legislatif, karena caleg Muhammadiyah tersebar di berbagai partai politik. 

6 Perguruan Pencak Silat Indonesia Tersebar di Dunia, Ada Muhammadiyah

"Kalau ada Ketua Muhammadiyah mengatakan untuk pileg, monggo pilihan masing-masing, itu masih diampuni Allah, masih masuk akal. Tapi kalau pilpres, itu namanya bukan fatwa. Akan saya jewer keras nanti kalau ada seperti itu," tegas Amien. 

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir

Pesan Penting Haedar Nashir untuk Prabowo Usai Ditetapkan Presiden Terpilih

KPU RI telah menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024