Heboh Jokowi Pamer Foto Tito saat Kampanye, Polri Tegaskan Netral

Presiden Jokowi dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat

VIVA – Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan foto Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian kepada tim kampanyenya pada Minggu kemarin, 25 November 2018. Terkait peristiwa itu, Polri menegaskan netral dalam pemilu.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Polri dalam kontestasi pemilu adalah netral. Jadi batasan tugas dan di luar tugas itu jelas," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 26 November 2018.

Dedi menjelaskan, Tito memang sempat mendampingi Jokowi ke Palembang. Namun, pendampingan itu dalam kapasitas Jokowi sebagai Presiden Republik Indonesia. Adapun ketika Jokowi melaksanakan pertemuan dengan tim kampanyenya, Tito tidak hadir ke acara tersebut. 

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Kunjungan Pak Presiden ke Sumsel adalah Pak Kapolri dalam hal ini kapasitasnya kunjungan kerja mendampingi bersama Panglima TNI dan pejabat terkait," kata Dedi. 

Momen Joko Widodo menunjukkan foto Kapolri Tito Karnavian terjadi saat ia melantik jajaran pengurus Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Sumsel, di The Sultan Conventional Center, Palembang. Jokowi memberikan sambutan di hadapan ribuan pendukungnya yang hadir di acara itu.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

Jokowi berbicara mengenai tokoh dan putra daerah Sumatera Selatan. Jokowi menyebut tiga nama, yakni Gubernur Sumsel Herman Deru, Gubernur Sumsel dua periode, Alex Noerdin serta Ketua TKD Sumsel Syahrial Oesman dengan menampilkan foto ketiga tokoh terkemuka di Sumsel itu.

Layar juga menampilkan sosok tiga orang lainnya, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Ketiganya dianggap sebagai tokoh asli Sumsel yang berkiprah besar untuk Indonesia. 

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024