Ketua Umum PAN Minta Tim Sukses Capres Jangan Lebay

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Reza Fajri

VIVA –  Calon presiden petahana, Joko Widodo, belakangan kerap melontarkan pernyataan-pernyataan yang menuai sorotan luas. Terkait hal itu, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Zulkifli Hasan, menilai sikap Jokowi masih biasa saja. Termasuk juga capres Prabowo Subianto.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Enggak, saya dua-duanya enak kok," kata Zulkifli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 27 November 2018.

Karena itu Ketua Umum Partai Amanat Nasional ini meminta para tim sukses tidak merespon berlebihan ucapan-ucapan dari Jokowi dan Prabowo. Sehingga ajang Pemilihan Presiden 2019 ini tidak makin panas.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Oleh karena itu, tim sukses jangan berlebihan. Saya juga minta aparat harus hadir. Timses jangan berlebihan. Pengawas pemilu juga mesti adil agar legitimate," ujar Zulkifli.

Zulkifli mengutuk jika ada yang saling membunuh atau perang gara-gara pilpres ini. Menurut dia, timses juga harus membantu meredam agar konflik yang menuju perang saudara itu tak terjadi.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Dua-duanya wajib menjaga kebersamaan. Tim Pak Prabowo, tim Pak Jokowi harus. Ini kan bukan mau perang. Ini kan mau memilih saudara kita yang terbaik di antara yang baik dua-duanya. Itu pesan betul saya. Jangan sampai menimbulkan luka yang dalam," kata Zulkifli.

Sebelumnya, Jokowi mengingatkan agar seluruh masyarakat Indonesia pada dasarnya saudara sebangsa dan setanah air. Jokowi menyinggung kondisi di masyarakat yang saat ini saling hujat dan tak tegur sapa karena ada pihak yang mengompori.

"Ini karena banyak kompor, karena dipanas-panasi, dikompor-kompori jadi panas semuanya," ujar Jokowi di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu, 24 November 2018. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya