DPR Loloskan Tujuh Komisioner Baru LPSK

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa
Sumber :

VIVA – Wakil Ketua Komisi III DPR, Desmond Mahesa mengumumkan tujuh orang komisioner baru Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) 2018-2023 yang lolos uji kelayakan dan kepatutan. Nama-nama tersebut dipilih berdasarkan diskusi antaranggota DPR.

DPR Bakal Gelar Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Pekan Depan

"Berdasarkan rapat konsultasi dan lobi pimpinan komisi III DPR RI dengan kapoksi-kapoksi telah disepakati siapa-siapa yang terpilih. Dalam kesepakatan tersebut telah dihasilkan tujuh orang," kata Desmond di gedung DPR, Jakarta, Rabu 5 Desember 2018

Meski telah terpilih, ia mengklaim mereka dianggap masih tak terlalu memenuhi kriteria dalam UU LPSK yang ada. Hal ini akan menjadi bagian evaluasi tentang perubahan UU LPSK yang akan datang. 

Seleksi Bakal Caleg PKB melalui 'Fit and Proper Test' Dipuji

"Berdasarkan keputusan, lobi-lobi, telah disepakati tujuh orang yang terpilih, terlepas dari kekurangan dan kelebihan. Hasil kompromi antarfraksi. Ini bukan karena suara terbanyak, karena dia nomor urut satu. Ini bicara tentang sekretariat saja yang menulis kenapa dia nomor urut satu," kata Desmond.

Mereka yang lolos seleksi di antaranya Hasto Atmojoseroyo, Brigjen Pol. Dr Ahmadi, Dr. Antonius Prijadi Susilowibowo, Edwin Partogi Pasaribu, Dr. Livia Istania Iskandar, Dr. Maneger Nasution dan Susilaningtyas.

Kelangkaan Minyak Goreng, Komisi 6 DPR: Rantai Pasok Rusak

"Kriterianya hari ini orang yg kita harapkan di LPSK adalah orang yang memahami tupoksinya. Tentunya itu berkaitan dengan apa yang membedakan LPSK dengan lembaga-lembaga peradilan pidana yang lain. Tugasnya adalah melindungi saksi dan korban pada proses peradilan pidana," kata politikus Gerindra ini. (umi)
 

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid

Meutya Hafid: Persyaratan Administrasi Calon Panglima TNI Sudah Lengkap

Verifikasi fisik berkas administrasi calon Panglima TNI sedang diperiksa pimpinan Komisi I DPR.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2023