SBY Mau Bantu Jokowi soal Ekonomi

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyapa warga pada acara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

VIVA – Usai berkunjung ke Kabupaten Gunungkidul, Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono menyempatkan diri berjalan-jalan di Malioboro dan mampir di salah satu angkringan di jantung wisata Kota Yogyakarta tersebut. Hal ini dilakukan SBY sebelum pulang ke Jakarta.

Libur Lebaran 2024, Hostel Low Budget di Malioboro Kebanjiran Pesanan Wisatawan

"Ya memang sebelum kembali ke Jakarta besok pagi. Malam ini saya ingin jalan-jalan ke Malioboro dan ini bukan nganeh-nganehi. Wah ini sebelum pemilu Pak SBY turun. Itu endak ya," kata SBY, Senin malam 10 Desember 2018.

Menurutnya tradisi jalan-jalan di Malioboro sudah dilakukan sejak menjadi Danrem. Selama 10 tahun menjabat presiden juga sering jalan-jalan. Ia ingin hobi ini dipertahankan termasuk ketika tak lagi sebagai kepala negara.

Malioboro Jadi Tujuan Wisatawan, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Saat Libur Lebaran 2024

"Nah apalagi setelah tidak jadi presiden, maka melakukan hal tersebut," ujarnya.

Namun, hal penting kata SBY, ketika terjadi pelemahan ekonomi. Kondisi ini membuat dunia usaha menurutn karena permintaan jeblok. Hal ini berimbas terhadap penghasilan pedagang.

Viral Ratusan Pemuda Membaca Alquran Penuhi Jalan Malioboro, Yogyakarta

SBY mengatakan keluhan di atas disampaikan pedagang terhadapnya selama empat tahun terakhir.

"Nah pikir saya kalau banyak yang saya lakukan yang punya kemampuan, yang ekonomi mampu lebih berbelanja ke pedagang kecil, mikro, kuliner sama saja membantu mereka," ujar Ketua Umum Partai Demokrat itu.

"Sama saja menambah menambah jumlah pembeli sangat sedikit ketika ekonomi melemah dan itu hobi saya," sebutnya.

SBY menambahkan kehadirian dirinya di salah satu angkringan di kawasan Malioboro ini bisa berkontribusi membantu presiden, gubernur agar ekonomi dapat bergerak kembali. Bisnis pelaku usaha kecil pun kembali menggeliat dan tumbuh lagi.

"Yang utama adalah usaha mikro dan kecil," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya