PAN Sumsel Berang, Sebut Oknum Pendukung Jokowi Bukan Kader

Bendera Partai Amanat Nasional
Sumber :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

VIVA – Pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) Sumatera Selatan angkat bicara terkait pembelotan sejumlah kader yang mendeklarasikan dukungan terhadap pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Segelintir orang tersebut dinilai bukan kader PAN.

NasDem Belum Jelas Oposisi atau Gabung Pemerintah, Cak Imin: Mau Nanya Itu Sungkan

Ketua Pembinaan Organisasi dan Keanggotaan DPW PAN Sumatera Selatan, Mardiansyah menegaskan, segelintir oknum tersebut hanya mengatasnamakan kader dan simpatisan.

"Soal deklarasi itu, kami tegaskan ini adalah ulah oknum yang selama ini cuma memiliki kedekatan dengan beberapa pengurus dan kader PAN. Mereka bukan kader, apalagi pengurus," kata Mardiansyah di Palembang, Rabu malam, 12 Desember 2018.

Pagi Ini, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wapres Terpilih

Menurut dia, pihaknya sangat menyesali ulah pihak yang mengaku sebagai kader tersebut. Hal ini seolah-olah mempresentasikan sebagai kader dan simpatisan.

Meski begitu, pihaknya cukup memaklumi karena saat ini sedang memasuki masa kampanye. Sehingga banyak sekali pihak yang coba mencari panggung dan minta perhatian.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

"Di Sumsel sekarang ini merupakan salah satu basis pendukung Prabowo-Sandi. Jadi memang sangat rentan ada oknum yang ingin memecah suara. Padahal PAN sangat solid mendukung Prabowo-Sandi," kata Mardiansyah.

Dia mengungkapkan, seandainya ada pengurus, kader maupun simpatisan di Sumsel yang berani mengangkangi putusan DPP, maka pihaknya dari DPW PAN Sumsel segera merekomendasi pemecatan.

"Tapi kita bisa lihat dari acara deklarasi yang mereka lakukan, berapa banyak yang hadir? Siapa-siapa saja yang hadir? Terdapat banyak sekali kejanggalan. Kita tidak ingin, institusi PAN dimanfaatkan oleh kepentingan picik segelintir oknum yang statusnya memang tidak jelas di DPW," ungkapnya.

Mardiansyah mengatakan, dukungan PAN terhadap Prabowo-Sandi merupakan Keputusan Rakernas PAN 2018. Sementara pertimbangan atas dukungan tersebut cukup banyak yang mendasari.

Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto

Sikap politik ini sesuai dengan aspirasi dan keinginan dari ulama dan umat. Selain itu, tentunya juga keinginan dari seluruh kader PAN se-Indonesia di masing-masing tingkatan.

"Seingat saya, semua DPW satu suara mendukung Prabowo sebagai capres. Di Sumsel saya meyakini semua pengurus, kader dan simpatisan PAN solid dan satu suara mendukung Prabowo-Sandi," ujarnya.

Sebelumnya, deklarasi dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf oleh sejumlah kader PAN dilakukan di Palembang pada Rabu, 18 Desember 2018. Meski deklarasi hanya dihadiri sekitar 25 orang, namun para kader yang hadir mengklaim sebagian kader di Sumatra Selatan mendukung keputusan tersebut.

Salah satu kader PAN, Sholahudin mengatakan, banyak kader yang sudah menyatakan mendukung Jokowi-Ma'ruf, namun belum berani mengungkapkannya kehadapan publik karena masuk dalam lingkaran partai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya