Prabowo Sebut Indonesia akan Punah, Ma'ruf: Memang Hewan Purba?

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin menanggapi dengan berkelakar terkait pernyataan calon Presiden Prabowo Subianto yang mengatakan Indonesia bisa punah.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Ma'ruf menjamin, bangsa Indonesia tidak akan punah. Pernyataan Prabowo pun dinilainya berlebihan.

"Ada isu Indonesia punah, saya kira Indonesia tidak akan punah. Memang anu, apa namanya, hewan purba?," kata Ma'ruf di kediamannya Jalan Situbondo, Jakarta, Selasa 18 Desember 2018.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

Ma'ruf optimistis bahwa Indonesia justru makin kuat pada waktu selanjutnya. Opini yang dibangun Prabowo selaku calon Presiden seolah menurut Ma'ruf sengaja membuat kekhawatiran berlebih di publik seolah-olah bila dirinya kalah di Pilpres 2019 maka Indonesia bisa punah jika ia tidak memenangkan pemilu presiden 2019. 

Selama empat tahun memimpin, Ma'ruf berpendapat, Presiden Jokowi telah meletakkan tonggak atau dasar dari pembangunan di berbagai bidang.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

Sebagai pendamping Jokowi saat ini, ia merasa punya tugas membantu kerja mantan Gubernur DKI Jakarta itu di periode keduanya nanti jika Jokowi terpilih lagi menjadi Kepala Negara.

"Periode kedua memperbesar, menambah dan melakukan penyesuaian-penyesuaian membuat lompatan lebih besar. Kita yakin, tidak akan punah bahkan akan semakin kuat," kata dia.

Sebelumnya, saat hadir dalam acara Konferensi Nasional Partai Gerindra di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Prabowo menyampaikan soal  Indonesia bisa punah itu di depan ribuan kadernya.

Prabowo lalu dilaporkan menyemangati anak buahnya untuk tidak boleh kalah di Pemilu tahun depan. Ia menuding, elite telah gagal melaksanakan mandat dari rakyat.

"Kita merasakan gerakan rakyat. Rakyat ingin perbaikan. Ingin pemerintahan yang bersih dan tidak korupsi karena itu, kita tidak bisa kalah. Tidak boleh kalah. Kalau kita kalah negara ini bisa punah," ujar Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya