Logo BBC

Membawa Meme Lucu ke Ranah Politik Sesungguhnya Mudah, Ferguso

- Berbagai Sumber
- Berbagai Sumber
Sumber :
  • bbc

Meme Ferguso adalah salah satu contoh menarik bagaimana hal yang dianggap receh bisa jadi alat politik yang serius. Ini bisa jadi peluang untuk membumikan isu-isu penting dan meningkatkan partisipasi politik, kata pakar.

Jika Anda rutin menggunakan media sosial, tidak semudah itu menghindari Ferguso, sebuah karakter dalam meme yang sering digunakan untuk tujuan beragam: dari menyampaikan opini, melawan opini, hingga menampik maksud buruk seseorang.

Tidak jelas memang, siapa sebetulnya sosok Ferguso. Berbagai ulasan mengklaim bahwa Ferguso adalah Pulgoso, anjing setia Marimar dalam telenovela berjudul sama. Tapi klaim ini dibantah oleh ulasan yang mengatakan Pulgoso dan Ferguso jelas-jelas dua nama yang berbeda. Sebagian ada juga yang menyebut bahwa sosok Ferguso itu memang asli dibuat-buat warganet.

Penggunaan nama Ferguso sesungguhnya tidak baru. Data analitik Spredfast menunjukan bahwa Ferguso sudah dipakai dalam percakapan sehari-hari Twitter jauh sebelum nama itu menjadi populer.

Percakapan terlama yang bisa ditemukan tentang Ferguso, bisa terlacak sejak 2010 dalam

Terlepas siapa itu Ferguso, satu hal yang pasti bahwa namanya selalu dikaitkan dengan telenovela yang populer di Indonesia era 1990-an. Pengguna media sosial misalnya sering menyebut nama ini dengan bersamaan berbagai karakter seperti Marimar, Pulgoso, Santiago, Esmeralda dan Gustafo dengan konteks percakapan sehari-hari.

Makin Populer lewat Tom & Jerry