Megawati Tak Pernah Dendam dan Minta Kadernya Tak Hujat 'Pak Harto'

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat hadir dalam acara dengan para milenial bertajuk 'Bu Mega Bercerita' di kantor pusat PDIP, Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengklaim tidak pernah mengajarkan kepada para kader atau pengikutnya untuk menghujat mantan Presiden Soeharto.

Kisah Jenderal Hoegeng, Sosok Polisi Sejati Indonesia

Dalam berbagai kesempatan, pesan itu disampaikan, meski ada hal pahit di masa pergantian kekuasaaan dari ayahnya, Sukarno ke era Orde Baru.

"Waktu ayah saya dijatuhkan dengan cara, menurut saya, tidak beretika, saya bilang jangan hujat Pak Harto," kata Megawati, saat berbicara di depan kalangan milenial dalam acara 'Bu Mega Bercerita' di kantor pusat PDIP, Jakarta, Senin 7 Januari 2019.

Sosok Jenderal M Jusuf, Panglima ABRI yang Bikin Soeharto Ketar-ketir Gegara Kalah Pamor

Menurut Megawati, etika politik harus diubah, sebagaimana fenomena ketika dalam kontestasi seseorang kandidat yang menang dipuja habis-habisan dan dan kalah langsung dijatuhkan. Dia mengingatkan itu, bukanlah tradisi dan akhlak bangsa Indonesia yang konon berbudi luhur.

Di era kekinian, katanya, fenomena itu memunculkan ujaran kebencian yang berlebihan. Penyebaran kabar bohong juga telah merusak demokrasi. Ia meminta, anak muda mengambil langkah maju terus meningkatkan kualitas demokrasi di negara ini. 

Deretan Pemimpin Negara dengan Latar Belakang Militer, Ada dari Indonesia?

"Kembali saya titik beratkan, anak muda jangan dong menebar hoaks atau kebencian. Kalian bebas memilih siapa di pemilu, dan ini sudah berlangsung dari (tahun 19) 55," katanya. (asp)

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin 5 Februari 2024

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Sekretaris Jenderal Gerindra mengatakan kemenangan Prabowo Subianto bukan akhir dari perjuangan melainkan awal perjuangan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024