Jokowi: Memimpin Harus Punya Pengalaman

Jokowi di acara alumni UI dukung Jokowi-Ma'ruf di GBK, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

VIVA – Calon Presiden nomor urut 01, Joko Widodo, menghadiri acara deklarasi alumni Universitas Indonesia (UI) For Jokowi-Amin, Sabtu, 12 Januari 2019. Dia dan tim kampanye datang sekira pukul 16.21 WIB.

Pemilu 2024 Lebih Teduh Dibanding 2019

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan, untuk menjadi pemimpin harus mempunyai pengalaman. Dia mengaku agak terkejut pada awal ketika hijrah dari dunia usaha ke pemerintahan.

"Saya ingin cerita sedikit soal pengalaman karena yang namanya memimpin harus punya pengalaman," kata Jokowi di Kompleks Gelora Bung Karno.

AROPI: Dibanding Musim Pemilu 2019, Tingkat Kepercayaan Terhadap Lembaga Survei Naik 7,6%

"Saya terkaget-kaget di awal, mulai masuk dari dunia usaha ke pemerintahan. Setelah itu saya belajar karena itu butuh pengalaman," lanjut Jokowi.

Menurut Jokowi, jelas berbeda antara mengurusi pemerintahan atau negara dengan dunia bisnis. Oleh karena itu, kata Jokowi, dibutuhkan sosok pemimpin yang berpengalaman untuk memimpin Indonesia.

Cerita Prabowo Subianto Bisa Bersatu Dengan Muzakir Manaf, Tokoh GAM yang Dulu Dia Cari

"Berbeda mengurus bisnis dengan pemerintahan. Manajemen birokrasi dan pemerintah itu sangat beda sekali. Jangan coba-coba, karena itu butuh pemimpin berpengalaman," ucapnya.

Kata Jokowi, awal beralih dari dunia usaha menjadi Wali Kota Solo, butuh waktu satu setengah tahun untuk belajar birokrasi pemerintahan.

"Hampir satu setengah tahun prosesnya saya belajar. Belajar terus, pagi, siang, malam, karena memang beda sekali," paparnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya