Amien Rais: Om Joko Memang Pekerjaannya Mengempiskan Oposisi

Amien Rais
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

VIVA – Politikus senior Partai Amanat Nasional atau PAN, Amien Rais menilai, selama empat tahun pemerintahan Joko Widodo, demokrasi mengalami perubahan.

Video Detik-detik Amien Rais Bertemu Prabowo, Rela Serobot hingga Cegat Demi Bisa Salaman

Amien yang juga Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu menganggap Jokowi emoh terhadap demokrasi.

"Jadi, untuk demokrasi sudah berat sekali, karena ada tiga ciri otoriterisme dan pak Jokowi itu emoh demokrasi," kata Amien dalam diskusi ‘Refleksi Malari, Ganti Nahkoda Negara?’ di Seknas Prabowo-Sandi kawasan Menteng, Jakarta, Selasa 15 Januari 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Amien menjelaskan, ciri pertama otoriterisme adalah kubu oposisi harus dikempiskan. Menurut dia, partai yang tak merapat pemerintahan akan dikucilkan.

"Nah, ini Om Joko memang pekerjaannya mengempiskan oposisi. Jadi, partai yang tak bergabung dikucilkan, sudah ketakutan, dan itu yang terjadi," ujarnya.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Amien melanjutkan, ciri kedua otoriterisme adalah mencoba menguasai media. Kata dia, Jokowi sudah berhasil menguasai hampir 95 persen.

"Om joko luar biasa, ini orang Solo memang hebat sekali. Dari tukang kayu, wali kota, jadi gubernur belum selesai, kemudian muncul sebagai capres dan berhasil. Ini memang luar biasa," lanjut Ketua Dewan Kehormatan PAN itu

Kemudian, Amien menambahkan, ciri ketiga otoriterisme yaitu dalam pemerintah saat ini terjadi korupsi berskala besar. Ia pun mengklaim, bila Jokowi tak lanjut dua periode, mafia kekuasaan mesti diungkap.

"Di mana pun juga korupsi terbesar, pasti ada di istana dan sekitarnya. Sehingga, saya katakan dengan berani, nanti kalau ada pergantian presiden, saya kira mafia dalam kekuasaan harus kita angkat kepermukaan," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya