Debat Capres Perdana, KPU Undang Habibie, Megawati hingga SBY

Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri (kanan) bersama Habibie dan SBY
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, persiapan debat perdana capres-cawapres Pemilu 2019 besok di Hotel Bidakara, Jakarta hampir rampung. Debat pertama mengambil tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

"Ya kira kira 99 persen. Hari ini sedang memastikan daftar undangan itu, kami sampaikan nama-nama yang benar dan alamat yang benar. Kami masih lakukan cek terakhir pada pagi ini, sedang rapat berlangsung untuk memastikan daftar undangan itu," kata Pramono di Gedung KPU, Jakarta, Rabu 16 Januari 2019.

Pram menambahkan, sejumlah tokoh penting akan diundang oleh KPU untuk menyaksikan debat perdana kali ini di antaranya para mantan Presiden Republik Indonesia.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

"Kami mengundang Presiden RI ketiga bapak BJ Habibie, presiden kelima ibu Megawati, presiden keenam bapak SBY, termasuk beberapa wakil presiden seperti Pak Hamzah Haz dan Pak Boediono," katanya.

KPU juga mengundang pimpinan lembaga tinggi negara, pimpinan komisi negara, lembaga lembaga penyelenggara pemilu, perguruan tinggi, pimpinan organisasi kemasyarakatan, keagamaan, kepemudaan hingga lembaga pemantau pemilu. Bagi masing-masing pasangan calon presiden dan wakil presiden KPU memberikan khusus 100 undangan di dalam arena debat kandidat besok malam.

Lembaga Survei yang Hasilnya Akurat dan Kredibel Bakal Jadi Rujukan di Pilpres 2024

"Karena ruangan acara terbatas, maka dalam ruangan itu hanya muat 500 orang. Nah, masing-masing pasangan calon kami beri hak untuk menghadirkan 100 orang, lalu kemudian 300 yang lain itu menjadi kewenangan KPU untuk mengundang." (mus) 

PSMTI Diterima Presiden Jokowi di Istana

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Jelang pencoblosan Pemilu 2024, pada 14 Februari pekan depan, masyarakat diimbau agar menggunakan hak pilihnya dengan bijak. Untuk bisa memilih pemimpin yang berkualitas.

img_title
VIVA.co.id
6 Februari 2024