Debat Capres, Ketua DPR Sebut Gaya Menyerang Tak Bisa Dipaksakan

Politikus Golkar sekaligus Ketua DPR RI Bambang Soesatyo.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

VIVA – Debat pertama calon presiden dan wakil presiden akan berlangsung di Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis malam, 17 Januari 2019. Debat bertemakan hukum, korupsi, terorisme dan hak asasi manusia. 

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

Ketua DPR Bambang Soesatyo berharap, kedua pasangan tidak memberi penjelasan yang setengah-setengah. "Kita harapkan masyarakat mendapatkan penjelasan yang utuh, runtut. Kemudian juga memberikan wawasan bagaimana peta jalan hukum ke depan, pemberantasan korupsi ke depan, bagaimana peta jalan mengatasi terorisme ke depan," kata Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.

Bamsoet menyebutkan, perdebatan harus berjalan secara natural atau tidak bisa diarah-arahkan gayanya. Hal itu tergantung kepada si individu nanti. "Kalau dia seorang penyerang, pasti dia akan tunjukkan gaya-gaya penyerangan dalam perdebatan," ujarnya menjelaskan.

Airlangga Bungkam soal Rumor Dia Jadi Calon Ketua Umum Golkar Lagi

Dia menambahkan, "Tapi kalau dia memang gaya defensif, bertahan, atau gaya-gaya yang santun, ya pasti akan mengarahkan apapun pertanyaan yang diarahkan kepadanya, jawabannya akan soft." 

Karena itu, politikus Partai Golkar ini menegaskan, debat saling serang seperti pencak silat tidak bisa dipaksakan. Beda jika dua-duanya penyerang. Dia mencontohkan, seperti sosok Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah dan Fadli Zon. "Beda kalau Fadli Zon sama Fahri Hamzah, pasti seru. Karena dua-duanya style-nya penyerang," kata Bamsoet. (mus)

Bamsoet dan Airlangga Hadiri Rapat Pleno Golkar Sore Ini, Bahas Apa?
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Bamsoet Nilai Sistem Demokrasi Pemilu Langsung Perlu Dikaji Ulang karena Marak Politik Uang

Bamsoet menilai sistem demokrasi dengan pemilihan langsung perlu dikaji ulang karena sistem tersebut mendorong adanya demokrasi yang bersifat transaksional.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024