Relawan Jokowi-Ma'ruf Akan Jelajahi Nusantara dengan Bus

Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Joko Widodo (tengah kiri) dan Ma'ruf Amin (tengah kanan), memberi keterangan seusai menghadiri Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Capres dan Cawapres Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA - Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) meluncurkan bus jelajah nusantara. Diawali dari Aceh, bus tersebut rencananya akan menjelajahi ratusan kota dan puluhan daerah di 16 provinsi di Indonesia selama kurang lebih 141 hari menuju kota/daerah tempat Jokowi berhasil menyelesaikan proyek strategis nasional (PSN) dalam kurun 4 tahun terakhir.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Ketua Nasional Repnas, Eka Sastra, menuturkan alasan Aceh menjadi titik tolak dari perjalanan ini adalah karena banyak tonggak sejarah lahir di Aceh antara lain Perang Aceh yang berlangsung kurang lebih selama 30 tahun. Sejarah panjang perjuangan rakyat Aceh membuktikan adanya ketahanan dan daya juang yang tinggi, yang bersumber dari kehidupan religius, adat yang kukuh, dan budaya Islam yang kuat dalam menghadapi kaum penjajah.

"Hal tersebut kemudian menjadi sumber inspirasi kami di Repnas untuk menjadi pribadi yang kuat dan pantang menyerah," kata Eka melalui keterangan persnya, Selasa, 22 Januari 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Eka mengatakan tujuan Repnas mengadakan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan keberhasilan Jokowi di bidang ekonomi, infrastruktur dan penciptaan lapangan kerja melalui lahirnya pengusaha muda di berbagai daerah.

"Kami ingin berbagi pengetahuan yang lebih mendalam serta meningkatkan pemahaman publik di berbagai daerah akan hasil kerja Jokowi," ujarnya.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina Repnas, Bahlil Lahadia, mengatakan tujuan Repnas mendukung Jokowi agar terus dapat memberi masukan demi dunia usaha Indonesia yang terus berkembang.

"Seperti awal tujuan kami para pengusaha muda dalam membentuk Repnas adalah akan tetap fokus mendukung pemerintahan Jokowi-Ma’ruf kelak dalam bidang ekonomi," katanya.

Repnas mencatat sampai akhir tahun lalu, sebanyak 40 Proyek Strategis Nasional selesai dibangun dengan nilai estimasi Rp135,8 triliun. Saat ini juga terdapat 51 PSN dan 1 program ketenagalistrikan 35 gigawatt dalam tahap beroperasi sebagian, sisanya telah masuk pada tahap kontruksi dan penyiapan.

Dari proyek-proyek strategis itu terdapat beberapa kota yang akan dikunjungi oleh bus jelajah nusantara itu. Di kota-kota tersebut, tim Repnas akan berinteraksi dengan masyarakat setempat, antara lain melakukan wawancara untuk mengetahui hal-hal positif apa yang sudah dirasakan, sosialisasi program-program Repnas, mengadakan kegiatan sosial dan hiburan serta kegiatan lomba membuat vlog berskala nasional.

Rangkaian kegiatan tersebut akan diakhiri di Jakarta pada akhir Maret 2019. Seluruh hasil kegiatan akan dilaporkan serta diserahkan langsung kepada Jokowi. (jhd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya