Fahri Hamzah: Pemerintah Jangan Ambigu Menyikapi Terorisme

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah.
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai, pemerintah tidak boleh punya sikap yang ambigu dalam pemberantasan terorisme dan isu-isu Islam. Hal itu agar pemerintah terlihat punya sikap tegas di mata internasional.

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

"Pemerintah tidak boleh mengirim sinyal yang ambigu terkait sikap terhadap kelompok-kelompok ulama dan Islam dan sebagainya. Sikap ambigu ini membuat dunia luar melihat pemerintah tidak mantap atas apa yang selama ini dikampanyekan," kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Januari 2019.

Fahri mencontohkan, dunia internasional akan memandang negatif pembebasan terpidana terorisme Abu Bakar Ba'asyir. Risiko itu akan menjadi tanggungan pemerintah. "Dugaan saya dunia internasional tidak menerima baik. Sebab sudah kadung citranya Abu Bakar Ba'asyir ini dicitrakan sebagai gembong paling dalam dari Jamaah Islamiyah," ujar Fahri.

IDI Sukoharjo Minta Kasus Sunardi Tak Dikaitan dengan Profesi Dokter

Dia berharap, pemerintah menjelaskan secara lengkap kepada DPR mengenai alasan sesungguhnya pembebasan Ba'asyir ini. Pimpinan DPR belum menerima surat pertimbangan Presiden. "Setahu saya yang sampai di meja pimpinan belum ada permohonan pertimbangan atas pembebasan itu. Kami mau mendengar juga dari pemerintah instrumen apa yang digunakan untuk melakukan pembebasan," kata Fahri.

Sebelumnya, Ba'asyir divonis 15 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2011. Ba'asyir telah menjalani hukuman selama sembilan tahun di Lembaga Pemasyarakatan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat. (jhd)
 

Munarman Tertawakan Tuntutan 8 Tahun Penjara: Kurang Serius
Sumber : medium.com (Nigeria deserve and should be better)

Bantu Perangi Terorisme di Afrika, Adakah Niat Terselubung Amerika?

Pemberontakan yang berulang di Nigeria Utara merupakan hasil dari lingkungan politik Nigeria.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023