Dilaporkan TKN ke Dewan Pers, Indopos: Kami Sangat Terbuka

Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional, Ade Irfan Pulungan
Sumber :
  • VIVA/Ridho Permana

VIVA – Direktur Hukum dan Advokasi TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Ade Irfan Pulungan telah melaporkan koran Indopos sore tadi ke Dewan Pers. Hal ini berkaitan dengan berita yang terbit Rabu 13 Februari 2019 dengan judul ‘Ahok Gantikan Ma'ruf Amin?’.

Sepanjang 2023 Dewan Pers Terima 813 Aduan Kasus Pers, 97,7% Telah Diselesaikan

Pihak Indopos pun menjelaskan soal pemberitaan ini. Pemimpin Redaksi Indopos, Juni Armanto mengatakan, pemberitaan itu memang berawal dari media sosial. Juni menyebut juga sudah melakukan konfirmasi ke TKN Jokowi-Ma'ruf dan PDI-P sebelum memberitakan.

"Sebenarnya infografis itu dari sosmed awalnya. Dari sosmed kemudian viral terus kita konfirmasi ke Jubir TKN pak Ace (Ace Hasan Syadzily) dan PDIP bu Eva (Eva Kusuma Sundari). Mereka bilang itu hoax seperti yang dibilang pak Ace," kata Juni saat dikonfirmasi, Jumat 15 Februari 2019.

Soal Sengketa Pemberitaan, Dewan Pers Perintahkan Tempo Minta Maaf ke Bahlil

"Ini mengklarifikasi ke masyarakat bahwa info yang viral di medsos bahwa infografis itu hoax gitu," kata dia.

Juni tak menyangka pemberitaan itu akan menjadi masalah terlebih dinilai kecolongan.  

Stafsus Ungkap Bahlil Keberatan Difitnah Lakukan Permainan Izin Tambang

"Masalah kecolongan, kecolongan kita enggak memperkirakan kalau masalah itu jadi seperti ini. Saya dengar dilaporkan ke Dewan Pers, ya kami sangat terbuka, kami akan jelaskan apa adanya saja," paparnya.

Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu

Dewan Pers Ungkap Banyak Terima Keluhan tentang Media dari Institusi Kementerian

Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu mengaku masih sering mendapatkan keluhan tentang produksi pemberitaan yang lebih banyak datang dari institusi seperti kementerian.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024