Prabowo akan Sentil Kebijakan Impor Jokowi yang Rugikan Petani

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kiri) dipijat pasangan cawapresnya Sandiaga Uno saat jeda Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Calon presiden dari kubu oposisi, Prabowo Subianto akan menyiapkan materi debat terkait isu pangan, energi, dan air. Prabowo punya perhatian khusus soal kebijakan impor yang dinilai merugikan petani.

Jokowi Enggak Bahas Pemerintahan Prabowo saat Buka Puasa Bersama Menteri di Istana

"Perhatian khusus terkait dengan impor yang dinilai merugikan petani. Sebagai negara agraris, mestinya Indonesia menjadi lumbung pangan," kata Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Saleh Partaonan Daulay saay dihubungi, Minggu pagi, 17 Februari 2019.

Saleh menekankan RI pernah dikenal dengan lumbung pangan. Hal ini bukan yang mustahil bisa dicapai. Namun, dalam era Jokowi, sektor ketahanan pangan dan swasembada seperti tersisihkan.

KPU Tolak Tanggapi Tudingan Nepotisme Jokowi ke Prabowo-Gibran

"Itulah mungkin sebabnya, pembangunan infrastruktur yang dilakukan juga belum menyentuh sektor pertanian dan pangan secara khusus,” jelas Saleh.

Terkait energi, menurutnya Prabowo akan fokus terkait persoalan yang masih ada. Kata Saleh, saat ini RI masih saja impor sebagian dari kebutuhan minyak. Maka itu, solusi yang ditawarkan Prabowo adalah energi terbarukan.

Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak, Mendag Zulhas: Tunggu Tanggal Mainnya!

"Untuk itu, agenda yang ditawarkan Prabowo adalah membangun secara serius energi terbaharukan. Biofuel dinilai sebagai solusi masa depan. Indonesia dinilai mampu menjadi produsen biofuel terbesar dunia dengan SDA yang tersedia saat ini," ujar Saleh.

Kemudian, dalam bidang air, Prabowo kemungkinan akan bicara krisis air. Hal ini merujuk banyak daerah di Tanah Air yang masih belum mendapatkan suplly air bersih sepanjang tahun. Di musim kemarau, fenomena itu akan kelihatan. Padahal, air adalah sumber kehidupan yang tidak bisa dianggap remeh.

“Perusahaan air minum di daerah kan masih banyak yang merugi. Pelayanannya pun masih banyak yang terbatas. Itu yang perlu diselesaikan. Skalanya bukan lokal, tapi nasional," ujar Saleh.

Malam ini Prabowo akan kembali adu argumen melawan Joko Widodo dalam sesi debat kedua capres di Hotel Sultan Jakarta. Tema debat kedua ini adalah energi, pangan, lingkungan hidup, sumber daya alam dan infrastruktur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya