TKN Jawab Tuduhan Gerak-gerik Mencurigakan Anggotanya saat Debat

Politikus PKB Abdul Kadir Karding saat debat kedua.
Sumber :
  • Twitter

VIVA – Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Achmad Baidowi, menyampaikan bahwa perangkat headset yang digunakan Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, dalam debat Minggu kemarin, 17 Februari 2019, hanya digunakan untuk komunikasi internal.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Foto Karding yang sedang berbicara lewat perangkat itu beredar di media sosial serta dicurigai juga oleh sejumlah kalangan sebagai alat komunikasi TKN dengan Joko Widodo di panggung debat.

"Itu untuk HT (handy talky), dan beberapa tim pemenangan menggunakan itu, untuk komunikasi internal di dalam (ruang debat)," ujar Baidowi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 18 Februari 2019.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Baidowi yang merupakan Wakil Direktur Saksi TKN mencontohkan anggota-anggota TKN berkomunikasi lewat perangkat itu untuk mengoordinir yel yang diteriakkan pendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Kan enggak mungkin teriak-teriak dong, 'eh ini yel-yelnya begini', enggak mungkin dong. Kan pasti komunikasi, pakai HT," ujar Baidowi.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Dengan demikian, menurut Baidowi, Karding tidak sedang berkomunikasi dengan Jokowi. Wasekjen PPP ini menegaskan bahwa isu Jokowi menggunakan perangkat komunikasi saat debat merupakan hoaks.

"Itu sekali lagi, fitnah dan hoaks yang tidak bermutu. Isu yang tidak bermutu itu. Apalagi sudah diklarifikasi oleh KPU bahwa tidak ada (capres) yang pakai earpiece," ujar Baidowi.

Kecurigaan ini salah satunya disampaikan oleh Ketua Divisi Politik Gerakan Tagar #2019GantiPresiden, Mustofa Nahrawardaya. Lewat akun Twitter-nya @AkunTofa, Mustafa mempertanyakan foto yang beredar sekaligus ingin meminta klarifikasi pada Karding.

"Mau klarifikasi neh ke Pak @Kadir_Karding. Apakah gambar ini hoax atau beneran. Tks. #Debat," tulis Tofa dilansir VIVA, Senin, 18 Februari 2019.

Ada yang menduga, Jokowi memakai alat bantu untuk memperlancar debat semalam. Jokowi diduga menggunakan alat bantu komunikasi atau earpiece yang dikendalikan dari tombol pena yang dipegangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya