Jawaban Anggota TKN Jokowi yang Dicurigai Pakai Earpiece

Wakil Ketua TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional, Abdul Kadir Karding, menanggapi tuduhan menggunakan alat bantu komunikasi atau earpiece yang terhubung dengan calon Presiden Joko Widodo dalam panggung debat capres Minggu malam, 17 Februari 2019. Tuduhan itu dinilainya aneh dan makin tak masuk akal.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

"Ha ha ha (tertawa), ya itu earphone handy talkie untuk koordinasi lapangan dengan tim panitia (debat) di lapangan. Tidak ada hubungannya sama Pak Jokowi," kata Karding di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Senin, 18 Februari 2018.

Menurut Karding, alat komunikasi yang digunakan juga dipakai anggota TKN lainnya seperti Aria Bima dan Bahlil Lahadalia.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Adapun earpiece digunakan untuk koordinasi antartim kampanye yang kebetulan bertugas dalam arena debat. Ia sampai heran, viral di media sosial earpiece juga digunakan oleh Jokowi seolah terhubung dengan miliknya.

"Kemudian beberapa LO pegang, kemudian Bahlil untuk koordinasi, tidak ada hubungannya sama paslon. Tidak ada sambungannya sama paslon," ujar Karding.

Prabowo Cerita Tak sampai Satu Jam Putuskan Terima Ajakan Jokowi Gabung Kabinet

Kecurigaan ini salah satunya disampaikan oleh Ketua Divisi Politik Gerakan Tagar #2019GantiPresiden, Mustofa Nahrawardaya. Lewat akun Twitter-nya @AkunTofa, Mustafa mempertanyakan foto yang beredar sekaligus ingin meminta klarifikasi pada Karding.

"Mau klarifikasi neh ke Pak @Kadir_Karding. Apakah gambar ini hoax atau beneran. Tks. #Debat," tulis Tofa dilansir VIVA, Senin, 18 Februari 2019.

Ada yang menduga, Jokowi memakai alat bantu untuk memperlancar debat semalam. Jokowi diduga menggunakan alat bantu komunikasi atau earpiece yang dikendalikan dari tombol pena yang dipegangnya.

Sebelum Karding, Jokowi pun turut menanggapi soal tuduhan menggunakan earpiece dan pulpen yang terkoneksi saat debat. Jokowi memilih senyum menanggapi tudingan itu.

"Ini pun (pulpen) kemarin ketinggalan di meja. Baru tadi dianukan (diberikan) ke saya. Ramai apa toh. Ampun ampun ya Allah," katanya sambil tersenyum saat berada di Pandeglang, Banten, Senin, 18 Februari 2019.

Lihat komentar Jokowi usai debat Capres kemarin pada video di bawah ini. Apa komentarnya soal debat Prabowo:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya