Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas Kandidat Moderator Debat Ketiga

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempersiapkan debat Pemilihan Presiden 2019 putaran ketiga dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan. Debat akan dilaksanakan pada 17 Maret 2019 mendatang.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

Dalam rapat bersama Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, serta Bawaslu. Nama Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas diusulkan menjadi moderator dalam debat ketiga.

"Nama Alfito Deannova dan Putri Ayujingtyas sebagai moderator diusulkan oleh KPU dan TV penyelenggara," kata Ketua KPU, Arief Budiman di gediung KPU RI, Jakarta, Rabu, 20 Februari 2019.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

Meski kedua nama tersebut telah diusulkan KPU dan TV penyelenggara, namun harus mendapat persetujuan dari TKN Jokowi-Ma'ruf dan BPN Prabowo-Sandi.  

Arif mengungkapkan, TKN Jokowi-Ma'ruf dan BPN Prabowo-Sandi belum memutuskan apakah menerima usulan kedua nama tersebut atau tidak. Tim pemenangan meminta waktu untuk membahas itu di internal masing masing. 

Eks Koruptor Kembali Berpolitik, KPU: Tak Ada Larangan

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso menyebutkan, timnya setuju dengan usulan dua nama tersebut, namun BPN baru akan memutuskan pada pertemuan selanjutnya. "Prinsipnya kami bisa menerima. Kami juga akan memutuskan pada rapat final yang akan datang," ujar Priyo.

Sementara itu Kepala Sekretariat Posko Cemara TKN Jokowi-Ma'ruf, Garda Maharsi menyatakan hal serupa. "Kami enggak ada masalah. Hanya saja tadi memang kesepakatan di antara kami 01, 02 nanti akan rapat berikutnya," ujarnya. (mus)  

Furqan Jurdi Pegiat Hukum (dok.pribadi)

Relasi Kuasa, Sex, dan Abuse of Power di KPU

Tindakan demikian menciderai asas yang paling mendasar dalam pemilu, yaitu pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia jujur dan adil.

img_title
VIVA.co.id
27 Desember 2022