Sudirman Klaim Tak Pernah Sebut Ada Pertemuan Rahasia Jokowi-Freeport

Sudirman Said.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN), Sudirman Said, menegaskan tidak pernah menyebut ada pertemuan tersembunyi maupun rahasia antara Jokowi dengan bos Freeport, James Moffet. Menurutnya, pertemuan tersembunyi tidak ada.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Namun, menurut dia, pertemuan antara keduanya terkait masalah Freeport memang terjadi.

"Saya juga tidak menyebut pertemuan sembunyi. Saya menyebut ada pertemuan dan saya tadi menceritakan kronologi menjelang masuk. Saya diberitahu oleh salah satu asistennya bahwa pertemuan ini tidak ada. Jadi saya tidak pernah menyebut pertemuan rahasia. Saya menjelaskan seluruh tahapan itu," ujar Sudirman di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Kamis, 21 Februari 2019.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Terkait pertemuan antara Jokowi dengan Moffet, mantan Menteri ESDM ini mengaku tak ada keterangan yang ditambahi atau dikurangi. Sudirman menilai dia hanya menjelaskan kronologi tentang pertemuan itu.

“Saya hanya menceritakan kronologis saja. Tidak ada hal yang saya tambahkan tidak ada yang saya kurangi," kata Sudirman.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Dia menerangkan apa yang disampaikannya tentang proses akuisisi saham Freeport 51 persen itu merupakan klarifikasi dari pernyataan Simon Felix Sembiring di bukunya yang berjudul Satu Dekade Nasionalisme Pertambangan.

Dalam buku itu disebutkan jika Sudirman saat menjabat sebagai Menteri ESDM pernah melakukan sesuatu di luar kewenangannya. Sudirman pun dinilai telah melemahkan posisi Indonesia saat bernegosiasi dengan Freeport.

"Jadi saya mesti menjawab bagaimana surat itu lahir. Saya jelaskan bagaimana surat itu lahir. Surat itu ditulis setelah saya dipanggil Pak Presiden. Kemudian saya di situ bertemu dengan Pak Jim Moffet dan saya diminta menulis surat," tutur Sudirman. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya