Dilaporkan eks GAM ke Polisi, Sandiaga Uno Yakin Tak Asal Bicara

Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno. Posisi wagub DKI yang ia tinggalkan masih kosong.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA – Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan pernyataan soal pemanfaatan lahan Prabowo Subianto yang digunakan oleh kombatan GAM. Dia mengatakan tidak asal bicara. Menurutnya, informasi tersebut ia dapatkan dari mantan Panglima GAM Muzakir Manaf alias Mualem.

Bendera Bulan Bintang Berkibar saat Milad GAM di Masjid Baiturrahman

"Yang kami sampaikan kemarin adalah murni masukan dari pak Muzakir Manaf, Mualem. Bahwa ada sebagian daripada eks kombatan GAM yang menggunakan lahan pak Prabowo dan itu sudah kami sampaikan. Karena pak Prabowo menginginkan juga lahan itu bisa dibuka peluang untuk membuka lapangan kerja untuk penghasilan, kesejahteraan masyarakat setempat," kata Sandiaga di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Rabu 27 Februari 2019.

Meskipun begitu, Sandiaga mengaku siap menghadapi laporan 11 eks kombatan GAM ke polisi tersebut yang melaporkannya dirinya karena dianggap memberikan pernyataan bohong. Sandiaga pun siap mengikuti proses hukum yang ada di kepolisian.

Peringatan Milad GAM, Polisi Imbau Warga Tak Terprovokasi

"Kalau misalnya ada sebagian dari teman-teman GAM yang melaporkan, saya serahkan prosesnya kepada kepolisian. Kami siap untuk diklarifikasi tindak lanjutnya," ujarnya.

Sebelumnya, 11 eks kombatan GAM mempolisikan Sandiaga dan Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjuntak. Mereka merasa tak terima atas pernyataan Sandiaga dan Dahnil yang dinilai memfitnah para eks kombatan GAM. 

Peringatan TNI: Jangan Kibarkan Bendera GAM, Aceh Sudah Damai

"Yang jelas, kami merasa dirugikan karena yang disampaikan itu tidak pernah kami terima. Itu adalah fitnah dan hoax yang dampaknya luar biasa juga bagi kami. Karena masyarakat menganggap kami sudah menerima sesuatu seperti yang disampaikan, faktanya itu adalah fitnah," kata salah seorang eks GAM Bener Meriah, Joni Suryawan, di Mapolda Aceh, Senin 25 Februari 2019. (ren)

Sekelompok massa memperingati Milad ke-44 Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan mengibarjan bendera bintang bulan di halaman Masjid Raya Baiturrahmam, Banda Aceh, Jumat, 4 Desember 2020.

Ulang Tahun GAM Diperingati di Aceh, Polisi Sebut Kondusif

Sempat ada yang menyampaikan tuntan di peringatan hut GAM tersebut. Namun menurut polisi masih bisa ditolerir hal tersebut.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2020