Ketua DPR Bantu Anggotanya Lapor SPT Pajak, Begini Caranya

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo
Sumber :

VIVA – Ketua DPR Bambang Soesatyo atau Bamsoet mengatakan, telah menyiapkan beberapa staf dari kantor pajak untuk membantu pengisian SPT tahunan bagi anggota DPR. Tak hanya itu, pelaporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara atau LHKPN juga bisa sekaligus.

Bamsoet Nilai Sistem Demokrasi Pemilu Langsung Perlu Dikaji Ulang karena Marak Politik Uang

"Mulai tahun lalu, sistemnya berubah, lebih mudah melalui e-filing ya. Cukup input di komputer dan pelaporan selesai," ungkap Bamsoet di gedung DPR, Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.
 
"Barangkali nant,i juga kalau anggota DPR yang belum sempat dan ingin langsung mengisi, kami persilakan, kita siapkan beberapa staf dari kantor pajak untuk membantu, begitu juga dalam pelaporan LHKPN," tambahnya. 

Ia mengatakan, batas pelaporan pajak maupun LHKPN 31 Maret 2019. Karena itu, ia menggelar pelatihan penyampaian SPT untuk menunjukkan ke publik DPR taat pajak.

Sri Mulyani: 9,6 Juta Wajib Pajak Sudah Lapor SPT

"Tak boleh aset di pajak 1.000 misalnya, di LHKPN 500. Jadi, harus sama prinsipnya," kata Bamsoet.

Ia menjelaskan, untuk LHKPN, anggota DPR memiliki kewajiban melaporkan hanya di awal dan akhir jabatan. Tetapi, dia mengatakan, ada juga kesadaran LHKPN dilaporkan tiap tahun.

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

"Apalagi, nanti dibarengi dengan pelaporan pajak akan mudah tinggal di-split angka-angka yang terjadi perubahan ke LHKPN, jadi masih jauh masih 31 Maret," kata Bamsoet. (asp)

Ketua TKN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid didampingi Deputi Kanal Media TPN Ganjar Mahfud, Karaniya Dharmasaputra saat jumpa pers di Solo

Bamsoet Sebut Ketua TPN Ganjar-Mahfud Bakal Sowan ke Prabowo

Waketum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan Ketua TPN Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid akan bersilaturahmi menemui calon Presiden pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024