Survei Indo Barometer: Ma'ruf Amin Islami, Sandiaga Uno Pintar

Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin (kiri) dan Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno (kanan) mengikuti Debat Capres Putaran Ketiga di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Maret 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA – Indo Barometer melakukan survei dalam aspek penilaian kepribadian masing-masing calon wakil presiden, baik Kiai Haji Ma'ruf Amin maupun Sandiaga Salahudin Uno. 

Survei IPO : Pemilih Muda Lebih Banyak Pilih PAN

Peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli mengatakan, KH Ma’ruf Amin unggul dalam aspek, yaitu Islami atau taat beragama dengan persentase 88,2 persen. Sementara itu, untuk aspek jujur atau bersih dari korupsi 59,4 persen.

Sedangkan pada aspek penilaian kepribadian, Cawapresnya Prabowo, Sandiaga Uno unggul dalam aspek pintar atau intelektual 84,6 persen, berwibawa sebagai pemimpin 68,4 persen, perhatian dan dekat dengan rakyat 62,2 persen, mampu memimpin 62,5 persen, berpengalaman 60,8 persen, dan tegas 55,3 persen.

Survei Indo Barometer: Prabowo-Gibran Masih Unggul dari Ganjar-Mahfud dan Anies-Cak Imin

Dilihat dari kemampuan antarcawapres paslon 01 dan 02, Sandiaga Uno unggul dalam banyak aspek. Sandiaga dinilai mampu mengatasi masalah sosial 57,8 persen, juga mampu mengatasi masalah ekonomi secara umum 55,2 persen. 

"Kemudian, mampu mengatasi masalah hukum 47,5 persen dan mampu mengatasi masalah keamanan 46,6 persen," ujar Hadi di Hotel Century Park Senayan Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019. 

Survei Ungkap Pilpres 2024 Berpotensi Satu Putaran, Cak Imin Sebut Penggiringan Opini

Untuk diketahui, jumlah sampel pada survei sebanyak 1.200 responden dengan margin of error sebesar ±2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.

Kegiatan survei Indo Barometer dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia, yang meliputi 34 Provinsi, pada tanggal 6 hingga 12 Februari 2019 terkait Pilpres 2019. (asp)

Ilustrasi/Simpatisan dan kader Partai Gerindra.

Survei EPI Center: Partai Gerindra Kalahkan PDIP, PSI Pendatang Baru di Senayan

Peneliti survei Economics&Political Insight (EPI) Center, Mursalin mengatakan Partai Gerindra mengokohkan diri sebagai partai pemenang Pemilu 2024 dengan mengalahkan PDIP

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2024