Survei Indo Barometer: 64,9 Persen Masyarakat Puas Kinerja Jokowi

Indo Barometer merilis hasil survei Pilpres 2019
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Hasil survei Indo Barometer menunjukkan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Joko Widodo sebagai Presiden sebesar 64,9 persen dan tidak puas 30,9 persen.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Dilihat dari data angka survei, secara umum tingkat kepuasan masyarakat terhadap Jokowi cukup baik," ujar peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli di Jakarta Selatan, Kamis, 21 Maret 2019. 

Untuk kepuasan masyarakat terhadap duet kinerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla sebanyak 64,1 persen, yang merasa tidak puas sebanyak 31,2 persen. 

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

"Adapun dari distribusi pemilih, yang merasa puas dengan kinerja pasangan Jokowi-Jusuf Kalla berlanjut akan mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf. Sedangkan masyarakat yang merasa tidak puas, mendukung pasangan Prabowo-Sandi," ujarnya. 

Ia menjelaskan, ada enam alasan teratas mengapa masyarakat puas terhadap kinerja Jokowi-JK. Alasan paling menonjol ialah publik puas terhadap kinerja Jokowi-JK karena pembangunan merata sampai pelosok desa sebesar 34,7 persen dan kinerjanya bagus sebesar 22,2 persen. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Empat alasan lainnya, kata dia, banyak program yang bermanfaat seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebesar 11,1 persen. Kemudian, suka memberi bantuan sebesar 6 persen, dekat dengan rakyat sebesar 5,6 persen dan banyaknya pembangunan atau perbaikan jalan sebesar 5,5 persen.

Sebaliknya, ada tiga alasan teratas ketidakpuasan masyarakat, yaitu sulit lapangan pekerjaan 22,2 persen, harga kebutuhan pokok naik 19,5 persen, dan perekonomian semakin sulit sebesar 16 persen. 

Jumlah sampel pada survei sebanyak 1.200 responden, dengan margin of error sebesar sekitar 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling.

Kegiatan survei Indo Barometer dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia, yang meliputi 34 provinsi, pada 6-12 Februari 2019 terkait Pilpres 2019. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya