Turnamen Catur Piala Ketua DPR Pecahkan Rekor MURI

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima penghargaan Rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) yang diberikan kepada DPR RI oleh Ketua MURI Jaya Suprana atas penyelenggaraan Turnamen Catur Piala Ketua DPR Tahun 2019.
Sumber :

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menerima penghargaan Rekor dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) yang diberikan kepada DPR RI atas penyelenggaraan Turnamen Catur Piala Ketua DPR Tahun 2019 yang diikuti oleh sekitar 1.000 pecatur dengan tujuh kategori, termasuk kategori master.

Kelangkaan Minyak Goreng, Komisi 6 DPR: Rantai Pasok Rusak

Hal ini menjadi rekor tersendiri yang belum pernah ada di Indonesia karena diikuti oleh lebih dari 50 master nasional dalam sebuah turnamen catur. Peserta datang dari sejumlah wilayah di Indonesia.

“Sebetulnya, target kita jumlahnya 1.000 peserta. Tapi saya mendapat laporan dari panitia, pesertanya mencapai 1.054, melampaui target. Saya mengucapkan terima kasih kepada MURI yang telah memberikan piagam rekor kepada DPR sebagai penyelenggara turnamen catur dengan peserta master terbanyak,” ujar Bamsoet, sapaan akrab Ketua DPR RI, saat membuka Turnamen Catur Piala Ketua DPR Tahun 2019 di selasar Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (23/3).

Pimpinan DPR Belum Izinkan RUU TPKS Dibahas saat Reses, Ini Alasannya

Bamsoet mengungkapkan bahwa turnamen ini diselenggarakan di tengah hiruk-pikuk politik yang semakin memanas. Bamsoet berharap agar turnamen catur ini bisa memberikan suasana keteduhan baru.

“Sehingga fokus perhatian publik maupun para tim sukses yang sedang berkontestasi dapat berelaksasi, sehingga dapat mengendurkan tensi. Mudah-mudahan, Pemilu yang tinggal 25 hari ini bisa diisi oleh kegiatan-kegiatan positif dari seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak terfokus pada pertikaian politik,” harap Bamsoet.

DPR Minta Pemerintah Tak Naikan Harga BBM Bersubsidi

Pada kesempatan yang sama, legislator dapil Jateng VII ini juga berharap akan lahir grandmaster baru yang dimiliki Indonesia. Meskipun turnamen catur ini tidak mempengaruhi rating dan bukan agenda resmi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PERCASI), tetapi setidaknya bisa menjadi ajang latihan yang berkualitas untuk mengikuti berbagai kejuaraan catur resmi, baik nasional maupun internasional.

“Harapan saya turnamen catur ini dapat terus berlangsung dan menjadi agenda rutin DPR setiap tahunnya, sehingga dapat turut melahirkan grandmaster-grandmaster baru,” ungkap Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, yang lebih penting dari itu semua, DPR RI merupakan rumah rakyat, sehingg semua rakyat dapat masuk ke Gedung DPR RI untuk mengikuti turnamen catur yang merupakan salah satu olahraga rakyat Indonesia.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat memberikan kebahagiaan bagi kita semua. Saya sampaikan selamat mengikuti Turnamen Catur Piala Ketua DPR Tahun 2019 ini. Semoga yang kita laksanakan hari ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, bagi bangsa, dan negara ini,” pungkas Bamsoet.

Piala Ketua DPR Tahun 2019 tersebut merupakan kerja sama antara Komunitas Pecinta Catur Indonesia dengan Sekretariat Jenderal DPR RI. Turnamen catur ini bertujuan agar lebih memasyarakatkan olahraga catur di DPR RI khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Wakil Ketua DPR RI sekaligus Ketua PERCASI Utut Adianto (F-PDI Perjuangan), Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (F-Gerindra), Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar beserta jajaran, Ketua MURI Jaya Suprana dan Ketua Komunitas Pecinta Catur Indonesia sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Piala Ketua DPR Tahun 2019 M. Hatta Taliwang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya