Fadli Zon: Petahana di Bawah 50 Persen Itu Game Over, Selesai

Debat capres kedua
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Fadli Zon, merasa duet jagoannya sudah menang di Pilpres 2019. Menurutnya, koalisi pendukung hanya ingin menjaga dari kecurangan.

Raup Suara Terbesar Kedua Dapil NTT 1, Ahmad Yohan Bakal Melenggang Lagi ke Senayan

"Bukan hanya meningkat, tapi optimis menang, menurut saya kita sudah menang, tinggal menjaga ini dari kecurangan saja," kata Fadli di gedung DPR, Jakarta, Selasa 26 Maret 2019.

Dia mengatakan hal ini karena merujuk kampanye Prabowo mulai Riau, Makassar, Merauke, Bali, dan Lombok mendapatkan sambutan luar biasa. Lagipula, menurutnya survei petahana berada di bawah 50 persen, ia yakin pasti petahana akan kalah.

Sylviana Murni Tersingkir, Ini 4 Calon DPD DKI Jakarta Tembus ke Senayan

Dia pun meminta tak perlu terkejut bila nanti pasca 17 April 2019 sudah diketahui adanya presiden baru.

"Itu game over itu selesai. Itu saya kira sangat scientific di seluruh dunia juga begitu. Kalau ada petahana di bawah 50 persen, artinya petahana itu sudah pasti kalah. Itu sudah pasti. Jadi jangan kaget nanti 17 April kita akan punya presiden baru," kata Fadli.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Sebelumnya, survei Litbang Kompas menyatakan elektabilitas duet Joko Widodo-Ma'ruf Amin berada di angka 49,2 persen. Angka ini mengungguli pasangan rival Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang berada di angka 37,4 persen. Sementara, responden yang masih merahasiakan pilihannya adalah 13,4 persen

Selisih dari elektabilitas ini sekitar 11,8 persen. Survei Litbang Kompas ini digelar pada 22 Februari-5 Maret 2019 dengan melibatkan 2.000 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Adapun margin of error survei ini plus-minus 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya