JK Anggap Saran SBY untuk Kampanye Akbar Prabowo Sudah Tepat

Pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno saat kampanye akbar di Jakarta, Minggu, 7 April 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai saran yang disampaikan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY agar kampanye akbar Prabowo Subianto tak eksklusif sudah benar. Sebagai mantan kepala negara, SBY dinilai paham dengan kemajemukan dalam NKRI.

Langkah Prabowo Larang Pendukung Demo di MK Dinilai Bisa Jaga Kesejukan Demokrasi

"Saya kira apa yang disampaikan (SBY) itu bagus," ujar JK di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 9 April 2019.

JK menyampaikan, dalam kampanye pasangan capres-cawapres memang harus merangkul semua golongan. Ia mengingatkan pentingnya menggalang persatuan dalam forum kampanye akbar.

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

Meski demikian, JK menyebut pihak yang paling tepat mencermati pesan SBY adalah kubu Prabowo-Sandiaga Uno. SBY sudah memberi pesan yang baik kepada kubu oposisi itu.

"Itu masalah internal nomor 02 lah," ujar JK.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Baca: SBY Keberatan dengan Konsep Kampanye Prabowo di GBK

Sebelumnya, SBY menyampaikan keberatan itu melalui surat elektroniknya kepada tiga petinggi Partai Demokrat, yaitu Ketua Dewan Kehormatan Amir Syamsudin, Wakil Ketua Umum Syarief Hassan, dan Sekretaris Jenderal Hinca Panjaitan, yang dia tulis di Singapura pada Sabtu 6 April 2019.

Menurut Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean, SBY pada dasarnya menginginkan kampanye dibuat dengan konsep lebih menjunjung tinggi kebinekaan Indonesia dan tidak hanya dikhususkan untuk satu golongan.

“Jadi, Pak SBY sampaikan supaya acara dibuat se-Indonesia mungkin, berbhinneka, dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia),” kata Ferdinand, saat dikonfirmasi pada Minggu siang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya