Andi Arief: Pak Harto Bisa Masuk Ka'bah tapi Turun Tragis 1998

Andi Arief
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Calon presiden petahana Joko Widodo melaksanakan ibadah umrah di Mekkah di tengah masa tenang Pilpres 2019. Momen ini pun direspons politiku Andi Arief yang menyindir ibadah umrah jangan ditarik ke politik.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

Andi dalam cuitannya, memasuki Ka’bah di Mekkah merupakan impian. Ia pun menyebut saat Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY masuk ke dalam Kabah, tapi turun dengan baik di akhir masa jabatannya.

Dia juga menyebut Presiden RI ke-2, Soeharto yang masuk Ka’bah namun turun tragis pada 1998.

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

"Bisa memasuki Ka'bah merupakan impian. Pak SBY bisa masuk ke Ka'bah turun dengan baik di akhir masa jabatan. Pak Harto bisa masuk Ka'bah tapi turun tragis 1998. Kesimpulannya Ka'bah hubugannya dengan ibadah. Jangan ditarik ke Pemilu," kata Andi dikutip dari akun Twitternya, @AndiArief_, Senin, 15 April 2019.

Andi mencuit lagi bahwa ibadah dan politik itu harus dipisahkan. Sebelumnya, Jokowi didampingi istrinya, Iriana beserta kedua putranya, Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep, melaksanakan ibadah umrah pada Senin pagi 15 April 2019.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Atas izin Raja Arab Saudi, sebagai penjaga dua kota suci, Jokowi dan keluarga masuk ke dalam Ka'bah. Tidak semua jamaah bisa masuk ke dalam Ka'bah. Jokowi pun melanjutkan ibadah dengan melakukan tawaf. Setelah itu, dilanjutkan dengan salat Subuh berjamaah di depan Multazam.

Usai salat, Jokowi dan rombongan melaksanakan sai. Di akhir ibadah umrah, Jokowi serta rombongan melakukan tahalul pada pukul 06.37 waktu setempat.

Turut serta mendampingi Jokowi yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya