Polisi Panggil Ustaz Sambo, MS Kaban: Di Luar Kelaziman

Politikus senior PBB, MS. Kaban.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad AR

VIVA – Kedatangan aparat kepolisian pada Senin dini hari tadi ke kediaman Ustaz Sambo dinilai janggal. Politikus senior Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban menyebut waktu kedatangan petugas kepolisian tak lazim dan menimbulkan konotasi lain di mata warga.

Viral Ucapan Gus Samsudin: Konten Tukar Pasangan Itu Dakwah, Saya Senang di Penjara

"Saya sebenarnya prihatin kok Ustaz Sambo rumahnya pagi-pagi didatangi aparat. Ini kan menurut saya di luar kelaziman mendatangi rumah jam 3 pagi. Tentu saya sebagai tetangga Ustaz Sambo, merasa itu tidak lazim lah gitu kan," kata MS Kaban yang merupakan tetangga Ustaz Sambo, kepada VIVA di lokasi, Senin 20 Mei 2019.

Kaban menilai agar aparat penegak hukum harus memiliki kode etik dalam menjalankan tugas. Apalagi, kata dia, prosedur terkait pemanggilan ustaz Sambo hanya sebagai saksi.

7 Pria Dieksekusi oleh Arab Saudi Gegara Tuduhan 2 Hal Mengerikan

"Saya pikir kepada seluruh aparat penegak hukum ya harusnya kita tetap memiliki kode etik. Kalau itu perintah tugas dan sebagainya, saat kapan paling arif paling bijak, kalau dini hari itu konotasinya lain," jelasnya.

Kaban menjelaskan sebagai tetangga dekat Ustaz Sambo, guru ngaji capres Prabowo Subianto itu tak berada di rumah saat didatangi aparat kepolisian Polda Metro Jaya. Surat baru diserahkan kepada istri Ustaz Sambo setelah disaksikan petugas keamanan perumahan setempat.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Adapun lokasi rumah Ustaz Sambo berada di luar kompleks perumahan. Di rumahnya hanya ada istri dan anak-anaknya yang seluruhnya perempuan.

"Saya dapat kabar tidak ada di rumah, tidak ada di tempat. Kemudian surat dititipkan di satpam. Kemudian surat itu diserahkan kepada orang yang ada di rumah," tutur Kaban.

Kaban juga menekankan, sambil menunjukan surat tersebut, Polda Metro Jaya meminta Ustaz Sambo datang pada Rabu 22 Mei 2019. Ustaz Sambo diminta menghadap ke penyidik AKP Akhmad Fadillah.

Dia diminta datang sebagai saksi terkait pelanggaran Pasal 107 KUHP atau Pasal 110 Junto Pasal 87 KUHP, Pasal Pasal 14 dan Pasal 15 Nomor 01 tahun 1946, dalam perkara dugaan tidak pidana kejahatan terhadap keamanan negara atau makar.

Sesuai surat panggilan, dugaan tidak pidana itu terjadi pada 17 April 2019, di kediaman capres Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Uztas Sambo dipanggil terkait laporan yang dibuat DR. Suryanto.

"Isi suratnya itu pemanggilan sebagai saksi. Kasusnya itu isinya adalah ungkapan-ungkapan pernyataan yang ada di di Kartanegara, dan mengaitkannya dengan pasal makar," kata Kaban.

Kaban membandingkan pemanggilan Ustaz Sambo dengan tokoh Tionghoa pendukung Prabowo, Lieus Sungkharisma. Bagi dia, ada perbedaan karena status Ustaz Sambo dipanggil sebagai saksi.

"Saya dapat kabar saudara Lieus aktivis, ditangkap  dan beda statusnya (dengan Ustaz Sambo). Lieus sudah posisinya tersangka makar, Ustaz Sambo hanya diminta keterangan saja," imbuhnya.

Sebelumnya, rumah pemimpin Pondok Pesantren Al-Hilal, Ansuf Idrus Sambo atau yang dikenal Ustaz Sambo, didatangi enam orang anggota Kepolisian Polda Metro Jaya menjelang sahur, Senin, 20 Mei 2019. Petugas itu memberikan surat pemanggilan terkait kasus makar kepada ulama yang juga guru mengaji capres Prabowo Subianto tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA, enam petugas itu datang ke alamat Ustaz Sambo di Kelurahan Sukadamai, Kecamatan Tanah Saeral, Kota Bogor, pada pukul 03.00 WIB. Tapi, saat petugas datang, Ustaz Sambo tidak berada di rumah maupun di pesantren.

Namun, kemudian seorang dari petugas tersebut justru menitipkan surat pemanggilan itu kepada satpam perumahan.  

"Ada enam orang petugas datang ke rumah Ustaz Sambo, satpam yang di sini dapat amplop dari petugas, ada kops surat Polda Metro Jaya," kata Agus salah seorang pegurus pesantren, kepada VIVA di lokasi.

Tak banyak keterangan yang disampaikan Agus. Termasuk terkait pemanggilan dan keberadaan Ustaz Sambo bersama istrinya saat ini.

"Saya tidak tahu beliau ke mana tadi pagi saat didatangi rumahnya hanya ada istrinya," kata Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya