PDIP Buka Pintu untuk Gerindra Masuk Koalisi Jokowi

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menyatakan membuka pintu bagi partai oposisi yang ingin merapat ke barisan koalisi pemerintah. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, bicara peluang Gerindra untuk bisa digandeng dalam kerjasama seperti di parlemen.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

"Dengan Gerindra pun kita terbukti bisa kerjasama di parlemen. Karena mereka pasti tidak akan keluar dari parlemen, mereka juga akan menggunakan kepercayaan (pemilih) yang diberikan kepada Gerindra," kata Hasto di kantor DPP PDI Perjuangan di Jakarta, Senin 20 Mei 2019.

Hasto menekankan, penjajakan koalisi akan terbuka ketika hasil pemilu diumumkan pada tanggal 22 Mei mendatang. Sikap itu juga ditunjukkan kepada dua partai pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019, yaitu PAN dan Demokrat.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Hasto mengatakan, pihak juga menghormati 'kontrak politik' diantara koalisi Prabowo-Sandi.

"Komunikasi berjalan lancar. Sekarang tinggal menunggu legalitasnya menunggu ketok palu dari KPU, setelah itu semua bersama- sama akan berpikir bagaimana kita bergandengan tangan," kata dia.

Jokowi Bakal Siapkan Program Unggulan Prabowo-Gibran Masuk dalam RAPBN 2025

Hasto yang juga Sekretaris Tim Kampanye Nasional memahami psikologis Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang sudah membuka diri malah mengucapkan selamat kepada Ma'ruf Amin.

Menurutnya, sikap Zulkifli yang bagian dari elite itu telah menunjukkan sportivitas. "Pak Zul melihat sebuah realitas demokrasi rakyat terhadap Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf. Ini sikap sportif dan baik," kata dia. (ren)

Politikus senior Partai Golkar Jusuf Kalla.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

JK sudah mulai melunak bicaranya terkait isu Jokowi dan Gibran gabung dengan Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024