Amien Rais ke DPP PAN: Jangan Kita Rabun Ayam karena Satu Kursi

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Ketua Dewan Pertimbangan Partai Amanat Nasional, Amien Rais memberikan masukan kepada jajaran Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN). Saran dan nasehat ini terkait kabar PAN akan melompat ke kubu Jokowi dan mendapatkan jatah kursi menteri.

Video Detik-detik Amien Rais Bertemu Prabowo, Rela Serobot hingga Cegat Demi Bisa Salaman

Amien perlu menyampaikan nasihat ini karena isu PAN bergabung ke koalisi Jokowi menjadi kontroversi.

"Akhir-akhir ini banyak kontroversi apakah PAN sebaiknya bergabung dengan Pak Jokowi atau di luar/ Nah, dengarkanlah nasehat saya. Jangan kita rabun ayam," kata Amien dalam akun Instagramnya @amienraisofficial dikutip Jumat, 5 Juli 2019.

Paguyuban Marga Tionghoa Dorong Gunakan Hak Pilih 14 Februari untuk Lahirkan Pemimpin Berkualitas

Dia menjelaskan istilah rabun ayam yang dimaksud hanya karena satu kursi tapi melupakan suara pemilih di Pemilu Legislatif 2019. Amien mengingatkan hampir sepuluh juta pemilih yang mencoblos PAN.

"Hanya karena satu kursi kemudian kita bergabung. Kemudian, bagaimana pendapat opini yang hampir sekian hampir sepuluh juta memilih kita itu," tutur pendiri PAN tersebut.

Prabowo Kaget Ada Pemuda Ngaku Siap Mati untuknya di Pilpres 2019: Saya Suruh Pulang!

Untuk itu, ia pun mengimbau kepada DPP PAN agar cermat mengambil keputusan politik. "Tolong ya teman-teman DPP, jangan mengumbar semau-maunya. Pemilih ini adalah grass root dari ranting, cabang," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PAN, Bara Hasibuan, kembali menegaskan kemungkinan besar partainya akan bergabung ke pemerintah. Karena itu, dalam kurun waktu dua atau tiga pekan lagi akan segera digelar rapat kerja nasional atau rakernas.

"Saya harus akui bahwa kemungkinan untuk PAN bergabung ke pemerintah yang nanti bakal dipimpin Jokowi-Ma'ruf, sangat besar. Secepatnya melalui proses institusional," kata Bara.

Usai KPU menetapkan Jokowi-Ma'ruf Amin sebagai capres dan cawapres terpilih, peta politik koalisi makin dinamis. Kabar santer PAN akan melompat ke Jokowi kian mengencang.

Sebelumnya, PAN adalah salah satu partai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya