Meski Berharap, PKB Sebut NU Pantas dapat Jatah Kursi Menteri Agama

Wakil Sekjen PKB Daniel Johan.
Sumber :

VIVA – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa Daniel Johan mengatakan, PKB dan Nahdlatul Ulama sama-sama bekerja keras dalam pemilu 2019 lalu. Karena itu ia menilai wajar saja ada aspirasi agar jatah menteri PKB dengan NU terpisah.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

"Tak ada maksud apa-apa. NU orangtua kita, ada aspirasi NU juga bisa diberi kepercayaan duduk dalam kabinet. NU bagian yang bekerja keras kemarin," kata Daniel dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu 6 Juli 2019.

Ia menambahkan, meski PKB juga berharap mendapatkan kursi menteri agama, tapi pos tersebut dianggap 'jatahnya' NU. 

KPK Ungkap Masih Ada 6 Menteri dan 3 Wakil Menteri Jokowi Belum Lapor LHKPN

"Mudah-mudahan (PKB dapat kursi menteri agama). Ya tapi itu ada NU juga. Mungkin juga yang menyangkut basis nahdliyin para petani dan lain," kata Daniel.

Sebelumnya, Ketua DPP PKB, Abdul Kadir Karding meyakini, jatah kursi menteri PKB akan berbeda dengan NU. Pasalnya, NU dan PKB mengklaim sama-sama bekerja memenangkan Jokowi.

Risma dan Menteri PKB Tak Ikut Buka Puasa Bersama Jokowi, Budi Arie: Jangan Didramatisir

"Saya kira beda ya, kalau ada jatah-jatah pasti beda karena NU juga bekerja, PKB sebagai partai juga bekerja, jadi beda," kata Karding di komplek parlemen, Jakarta, Jumat 5 Juli 2019.

Ia mengakui partai-partai boleh saja memberi aspirasi soal permintaan jatah kursi menteri. Adapun eksekusinya tetap di tangan Jokowi. [mus]

Menteri Kabinet Indonesia Maju Buka Puasa Bersama Presiden Jokowi di istana

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan buka puasa bersama Wakil Presiden Maruf Amin dan Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Kamis, 28 Maret 20

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024