Wasekjen PKB Ungkap Alasan Cak Imin 'Ngebet' Posisi Ketua MPR

Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adin Rachmani

VIVA – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menjelaskan, alasan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 'ngebet' dengan posisi Ketua MPR. 

Gus Ipul Bicara soal Pergantian Cak Imin dari Ketua Umum PKB: Harus Regerenasi

Ia menilai bila Cak Imin menjadi Ketua MPR akan mampu menjembatani ekstrem kanan dan kiri. "Justru posisi NU menjembatani yang ekstrem kanan dan ekstrem kiri," kata Daniel dalam diskusi di kompleks parlemen, Jakarta, Sabtu, 6 Juli 2019. 

Ia mengatakan, posisi Pancasila berada di tengah sehingga harus bisa mengakomodir dan melakukan komunikasi yang terbaik dengan seluruh pihak. Ia mengklaim, sejak awal adanya kesepakatan kebangsaan berpancasila menjadi semangat NU. "NU menjadi pilar terkuat saat ini," kata Daniel.

Anies Baswedan Direstui Maju Pilkada Jakarta, Cak Imin: PKB Belum Membahas

Sementara itu, politikus PDIP, Zuhairi Misrawi menilai Cak Imin memang memiliki kapasitas sebagai Ketua MPR. "Cak Imin mempunyai kapasitas dan kemampuan jadi ketua MPR karena pengalamannya dan ideologi Pancasilanya juga sangat kuat," kata Zuhairi dalam diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu, 6 Juli 2019.

Dari sisi kapasitas, menurut dia, Cak Imin saat ini juga sudah menduduki jabatan sebagai wakil ketua MPR. Soal ini pasti akan dibicarakan pimpinan partai dengan Presiden Joko Widodo.

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik

"Kita tahu bahwa pak Jokowi dan pimpinan partai akan membicarakan ini tentu akan ada perbincangan dan diskusi-diskusi perihal posisi jabatan ketua MPR," kata Zuhairi.

PDIP secara institusi, menurut Zuhairi, akan menyerahkan semuanya kepada kewenangan Ketua Umum PDIP. "Kami serahkan kepada ibu ketua umum ya," kata Zuhairi.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu Wakil Presiden terpilih Maruf Amin. Dalam pertemuan itu, Cak Imin menyinggung soal menteri kabinet dan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

"Ya, kita minta doa restunya agar sukses dalam lobi-lobi pimpinan MPR nanti," kata Cak Imin di kediaman Maruf Amin, Jakarta, Jumat, 5 Juli 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya