Nasdem Tak Masalah soal Menteri, tapi Bersyukur Jika Dapat Jaksa Agung

Wakil Ketua Fraksi Nasdem Johnny G. Plate.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny Plate menegaskan, tak masalah bila tidak ada kadernya yang menjadi menteri kabinet Joko Widodo.

Golkar Minta Jatah 5 Kursi Menteri, Zulhas: Kok Tanya ke Saya, Pak Airlangga Dong

Tetapi, ia bersyukur, bila Jokowi mau memberikan dua sampai lima kursi menteri atau kursi Jaksa Agung ke Partai Nasdem.

"Tak masalah bagi Nasdem (hanya dapat dua menteri). Bagi kami, komitmennya kabinet Jokowi sukses, berhasil, produktif, dan untuk kepentingan bangsa dan negara," kata Johnny dalam diskusi Indonesia Lawyer Club di tvOne, Selasa 9 Juli 2019.

Airlangga Tegaskan Golkar Belum Minta Jatah Kursi Menteri: Masih Tunggu KPU

Begitu pun, ia menjelaskan, bila Partai Nasdem mendapatkan kursi Jaksa Agung dan ada kader yang dianggap pas, maka dia bersyukur. Ia mengklaim, hal ini demi suksesnya programnya Jokowi.

"Kalau Pak Jokowi kasih lima (menteri), kami tak masalah, karena tersedia kader yang banyak. Tak ada masalah. Yang penting Jokowi nyaman dengan anggota kabinet," kata Johnny. 

Minta Dukungan Nasdem-PKS untuk 2024, Edy: Tak Ada Niat Curi Start

Meski begitu, ia tak ingin ada reshuffle. Sebab reshuffle akan membuat program menjadi terpenggal-penggal. Sementara, ia ingin ada kontinuitas kebijakan dalam tiap kementerian.

"(Tak dapat) tak masalah. Komitmen Nasdem untuk bangsa dan negara, diawali dari perubahan cara berpikir. Kami lihat dengan cara berpikir baru, bukan cara berpikir pragmatis sebagaimana yang selama ini terjadi," kata Johnny.

Ia menambahkan PKB memiliki 10 kader, Golkar 20 kader, dan PDIP 50 kader, serta Partai Nasdem juga memiliki banyak. Karena itu, pilihan Jokowi untuk menteri tak sulit.

"Yang jadi masalah, bila tak ada kader dari parpol. Ternyata, ada banyak kader yang kompeten yang ingin kami serahkan pada pak Jokowi. Pak Jokowi pasti punya spesifikasi calon anggota kabinetnya," kata Johnny. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya