Jokowi Tak Ingin Campuri Suksesi di Golkar

Presiden Jokowi kunjungi Labuan Bajo, NTT, Rabu, 10 Juli 2019.
Sumber :
  • tvOne/ Jo Kenaru (Manggarai, NTT)

VIVA – Perebutan kursi Ketua Umum DPP Golkar semakin memanas. Dua nama yang santer disebut bersaing, yakni Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo. 

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Airlangga masih menjabat ketua umum dan juga sebagai Menteri Perindustrian Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sementara Bambang adalah Ketua DPR saat ini. 

Munas direncanakan akan digelar pada Desember 2019. Namun sejumlah daerah sudah mulai memberikan dukungan kepada dua bakal kandidat itu. Beberapa waktu lalu, Airlangga dan sejumlah DPD Golkar sudah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Meski demikian, Jokowi menegaskan posisinya. Menurut Jokowi, dia tidak akan masuk pada pusaran perebutan kursi Golkar-1. “Munas silakan munas, mau muktamar silakan muktamar, mau kongres silakan kongres,” kata Jokowi, di sela-sela kunjungan kerja ke Labuan Bajo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Kamis, 11 Juli 2019.

Urusan suksesi di partai adalah anggota dan kader partai itu yang menjalankannya.  “Munas tanya presiden, munas ya urusannya partailah. Saya bukan ketua partai, itu urusannya partai,” ujarnya.

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

Setidaknya, selain Golkar juga ada PKB yang menggelar muktamar di Bali pada Agustus ini. Hanya tidak sepanas Golkar, sebab Muhaimin Iskandar diprediksi kembali memimpin.

Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024