Waketum PAN: Pemulangan Habib Rizieq Pengkhianatan Rekonsiliasi

Anggota Komisi VII DPR RI Bara Hasibuan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA – Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Bara Hasibuan menolak wacana pemulangan Rizieq Shihab masuk ke dalam bagian upaya rekonsiliasi.

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Ia berharap, Joko Widodo selaku Presiden terpilih periode kedua, menolak mentah-mentah tawaran tersebut, jika diajukan dari kubu penantangnnya, yakni Prabowo Subianto.

"Saya ingin menyerukan kepada Presiden untuk menolak persyaratan tersebut, karena ini bisa menjadi preseden buruk bagi pemilihan-pemilihan presiden berikutnya," kata Bara di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat 12 Juli 2019.

Hubungan Prabowo dan Raja Yordania Jadi Kunci RI Sukses Antar Bantuan via Airdrop ke Gaza

Bara mengatakan, rekonsilasi pascaPilpres dan proses hukum yang tengah dihadapi Habib Rizieq, dua hal yang berbeda. Rekonsiliasi baginya adalah hal yang lumrah dalam demokrasi, terlebih pelaksanaan kontestasi sudah berakhir. 

Maksud rekonsiliasi sejatinya, kata dia, meredakan ketegangan politik agar para pendukung di bawah tidak lagi terbelah gara-gara beda pilihan.

Jokowi Bertemu Tim Cook Hari Ini, Menperin: Ada Kebijakan yang Kita Keluarkan untuk Apple

"Memang, pemilihan presiden kali ini berlangsung sangat panas, menimbulkan luka di masyarakat, menimbulkan polarisasi, sehingga perlu ada suatu tindakan simbolis berupa rekonsiliasi," ujarnya.

"Kalau itu dikaitkan dengan persyaratan dalam hal ini adalah pemulangan Habib Rizieq, itu merupakan suatu pengkhianatan atas ide rekonsiliasi," tambahnya.

Sebelumnya, ide pemulangan Habib Rizieq yang merupakan imam Front Pembela Islam dikatakan oleh eks Juru Bicara Prabowo - Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak.

Dahnil menegaskan, salah satu syarat rekonsiliasi bisa berlangsung, jika pemerintah menjamin kepulangan Habib Rizieq yang tengah berada di Arab Saudi. 

"Ini pandangan pribadi saya, bila narasi rekonsiliasi politik mau digunakan, agaknya yang paling tepat beri kesempatan kepada Habib Rizieq kembali ke Indonesia, setop upaya kriminalisasi, semuanya saling memaafkan," kata Dahnil melalui akun twitternya @Dahnilanzar, Jumat 5 Juli 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya