PKB: Ketua MPR Tak Ditentukan Secara Urut Kacang

Dok. PolItikus PKB Lukman Edy.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Lilis Khalisotussurur.

VIVA - Partai Kebangkitan Bangsa terus menjajaki komunikasi untuk menempatkan kadernya sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat. Ketua Umum mereka PKB, Muhaimin Iskandar, tetap akan disodorokan sebagai calon kuat.

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

"Kami PKB, terus melakukan komunikasi politik dengan berbagai pihak untuk memberikan dukungan kepada Muhaimin Iskandar," kata Ketua DPP PKB, Lukman Edy, saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat 12 Juli 2019.

Namun, Lukman mengatakan, paket pimpinan MPR bukan dipilih berdasarkan urutan raihan kursi di parlemen. Hal itu menanggapi pernyataan Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Mahyudin.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Mahyudin mengatakan, kader Beringin idealnya mendapat kursi Ketua MPR, karena jumlah kursinya di parlemen di urutan kedua.

"Di (UU) MD3, formula untuk menunjuk Ketua MPR tidak berdasarkan urut kacang," kata dia.

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

Lukman mengatakan, penentuan formatur paket pimpinan MPR atas hasil musyawarah sejumlah fraksi dan satu kursi untuk perwakilan DPD. Ia merujuk pada Ketua MPR sebelumnya, yakni Amien Rais, Taufiq Kiemas, dan Zulkifli Hasan yang bukan mewakili partai dengan suara terbanyak di pemilu.

Di sisi lain, Lukman mengatakan, kunjungan Cak Imim -sapaan Muhaimin- ke kediaman Ma'ruf Amin dan kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla, juga merupakan upaya memuluskannya jalannya sebagai pengganti Zulkifli.

"Tetapi, (semua) kesepakatan bersama," kata dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya