Golkar Terbuka Berkoalisi dengan Oposisi di Parlemen

Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/Airlangga Hartarto

VIVA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, partainya terbuka berkoalisi dengan partai oposisi di parlemen. Meski terbuka di parlemen, untuk peluang masuk kabinet diserahkan pada presiden.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

"Kalau di parlemen kita terbuka. Kalau di pemerintah itu tergantung presiden," kata Airlangga di komplek parlemen, Jakarta, Senin 15 Juli 2019.

Ia menjelaskan, kerja sama partai oposisi dengan partai pendukung pemerintah bisa dalam sidang paripurna ataupun dalam rapat kerja dengan di DPR. Meski begitu, ia memastikan akan ada pembahasan terkait hal ini.

Bobby Nasution Bilang Ada Partai Berikan Tugas ke Dia Maju di Pilgub Sumatera Utara

"Bagian dari mekanisme pemerintahan kan didukung oleh parlemen 60 persen. Sisanya bisa menjadi mendukung pemerintah, bisa menjadi penyeimbang. Biasanya di Indonesia tidak ada yang murni oposisi," kata Airlangga.

Ia menjelaskan, oposisi dalam konteks politik Barat, seluruh kebijakan dioposisi. Tetapi dari pengalaman tiga tahun terakhir, praktiknya tak demikian.

Airlangga Percaya Diri Dipilih Lagi secara Aklamasi di Munas Golkar

"Partai politik di Indonesia dalam tanda petik rasional untuk menerima aspirasi masyarakat dan untuk mendukung program-program pemerintah yang dirasa baik juga," kata Airlangga.

Di Pilpres 2019, Golkar merupakan salah satu partai pengusung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Dari hasil Pileg 2019, Golkar merupakan partai kedua terbesar dari perolehan suara berdasarkan kursi DPR. [mus]     
    

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Menko Airlangga: di tengah kondisi perekonomian global yang masih tidak stabil, perekonomian Indonesia mampu tumbuh sebesar 5 persen selama 8 kuartal terakhir.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024