PKS Usul Syarat Pendaftaran Pilkada Jadi Lima Persen

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Mardani Ali Sera
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mardani Ali Sera

VIVA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Keadilan Sejahtera, Mardani Ali Sera, mengatakan partainya tengah membangun rencana kerja yang terdiri dari tiga hal yaitu pembangunan ekonomi, sosial budaya, dan politik.

Akhyar Nasution Dilantik jadi Wali Kota Medan untuk 6 Hari

Dalam pembangunan politik, Mardani mengatakan PKS berencana mengusulkan untuk mengubah syarat ambang batas partai politik untuk mengusung calon dalam pilkada. Batas yang sebelumnya 20 persen perolehan kursi legislatif, ingin diperkecil menjadi lima persen.

"Jadi di pembangunan politik kita ingin demokrasi yang berkualitas. Salah satunya mungkin kita akan mengusulkan menurunkan syarat pendaftaran untuk pilkada dan pilpres. Kalau selama ini 20 persen kita ingin lebih kompetitif antara lima sampai sepuluh persen," ujar Mardani di Hotel Mercure Batavia, Jakarta, Senin, 5 Agustus 2019.

Wali Kota Binjai Terpilih Meninggal, Bagaimana Selanjutnya?

Dalam acara tersebut, PKS juga melakukan evaluasi terkait proses penyelenggaraan pemilu. Ke depan, PKS ingin berusaha mewujudkan proses pemilu dan demokrasi yang lebih baik lagi.

"Jadi kita juga evaluasi pilkada, pileg, pilpres dan pemilu sehingga nanti akan ada format bagaimana memperbaiki demokrasi yang berkualitas. Karena sudah lima kali pemilu tapi kita masih merasa kualitas demokrasi kita masih prosedural bukan substansial," ujarnya.

Menuju 2024, Airlangga Sebut Golkar Ketemu Momentum Baik
Presiden Jokowi bertolak ke NTT dari Bandara Halim Perdanakusuma

Jokowi: Jabatan Itu Kehormatan, Sekaligus Tanggungjawab Besar

Itu disampaikan Presiden Jokowi, dalam pertemuan virtual dengan para kepala daerah hasil Pilkada Serentak 2020.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2021