PDIP: BG Punya Peran Penting dalam Kongres

Budi Gunawan bersama Jokowi dan Prabowo.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA - Kepala Badan Intelijen Negara, Budi Gunawan, disebut-sebut punya peranan penting pada pembukaan Kongres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di Bali, kemarin. Menurut Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Djarot Saiful Hidayat, pascapelaksanaan pilpres lalu, tak bisa ditampik andil BG (sapaan Budi Gunawan) menjembatani komunikasi dengan Joko Widodo hingga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Pidato Wajah dan Fisik di Gelora Bung Karno

Terakhir, BG juga hadir pada pembukaan kongres dan terlihat berbincang-bincang, dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, rival Jokowi di pemilihan lalu.

"Semuanya berperan. Warga bangsa, Pak BG terutama ikut berperan," kata Djarot di Sanur, Bali, Jumat, 9 Agustus 2019.

Andri Arief Kritisi Luhut soal Pendukung Demokrat Minta Pemilu Ditunda

Namun, Djarot mengatakan, kehadiran BG bukan karena hal lain. Yang harus jadi perhatian, kata dia, mantan wakapolri dan bekas ajudan Megawati itu, hadir sebagai pimpinan lembaga negara.

Menurut dia, komunikasi para petinggi lembaga negara penting untuk mewujudkan rekonsiliasi pascapilpres yang kemudian diharap akan memengaruhi psikologi di masyarakat.

Survei PSI: Elektabilitas Golkar Tertinggi, Ungguli PDIP

"Iya kan mewakili lembaga negara. Diundang juga. Kemarin saya juga ketemu sama kepala Badan Sandi Negara, Pak Siburian. Ketemu juga. Ketemu sama ketua LIPI. Semua diundang," ujarnya.

Berdasarkan foto yang diterima VIVAnews pada acara pembukaan kongres, terlihat Presiden Jokowi, Prabowom dan BG, berbincang di depan panggung. Kehadiran BG juga sempat tak terlihat awak media di antara pejabat yang menjadi tamu undangan.

Kelompok tari yang membawakan tarian untuk mendukung PDIP (13/6). Sumber : Hendra Simbolon

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Wacana Pertemuan antar Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketum PDIP Megawati Soekarno Putri akan segera dilaksanakan.

img_title
VIVA.co.id
17 Juli 2023