BKSAP Terangkan Pentingnya Diplomasi Dalam Parlemen

Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Surahman Hidayat.
Sumber :

VIVA – Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Surahman Hidayat menerangkan pentingnya peran diplomasi yang diemban oleh BKSAP dalam memperjuangkan kepentingan Negara Indonesia melalui jalur parlemen baik itu di dalam maupun luar negeri.

Pimpinan DPR Belum Izinkan RUU TPKS Dibahas saat Reses, Ini Alasannya

Demikian diungkapkan Surahman dalam diskusi tentang diplomasi parlemen dengan  tema ‘BKSAP Day: DPR RI dan Peran Strategis Diplomasi Parlemen Indonesia’ yang diselenggarakan di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Husnul Khotimah Kuningan, Jawa Barat, Rabu (14/8/2019).  Diskusi ini bertujuan memperkenalkan BKSAP sebagai salah satu Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang berperan sebagai badan diplomasi antar Parlemen.

“Hari ini saya ini mengedukasi mahasiswa terkait tugas-tugas diplomasi di dalam dan luar negeri. Melalui acara ini, mereka mendapatkan pengetahuan tentang cara-cara memperjuangkan kepentingan Indonesia lewat jalur parlemen. Semoga ke depannya BKSAP DRP RI juga bisa menjadi bagian dalam memperjuangkan kepentingan nasional Indonesia melalui panggung diplomasi di lingkup bilateral, regional maupun internasional,” papar Surahman.

DPR Minta Pemerintah Tak Naikan Harga BBM Bersubsidi

Surahman Hidayat menjelaskan, BKSAP sudah melakukan banyak hal dalam diplomasi parlemen, diantaranya Indonesian Pacific Parliamentary Partnership (IPPP) on Human Development and Maritime Sustainability pada Juli 2018 yang dihadiri negara-negara di kawasan Pasifik. Selain itu, BKSAP selalu memperjuangkan isu penanganan korban konflik perang Palestina dalam sidang umum Inter-Parliamentary Union (IPU) di Doha, Qatar, tanggal 6-10 April 2019.

Dalam kesempatan ini, Politisi dapil Jawa Barat X ini mengapresiasi mahasiswa STIS Husnul Khotimah yang begitu antusias mengikuti jalannya diskusi, sehingga materi diskusi terkait fungsi dan kinerja BKSAP terserap dengan baik oleh mahasiswa. “Saya mengapresiasi para mahasiswa STIS Husnul Khotimah Kuningan yang memiliki minat tinggi untuk mengetahui fungsi BKSAP,” puji Surahman.

DPR Sarankan Aturan Menag soal Toa Masjid Disesuaikan Kondisi Daerah

Seperti yang diketahui, diplomasi sangat penting dilakukan oleh seluruh elemen masyarakat, termasuk oleh DPR RI sebagai parlemen negara yang mewakili rakyat. Karena itu, DPR RI menugaskan BKSAP sebagai badan khusus yang mengembangkan serta meningkatkan hubungan kerja sama antara DPR RI dengan parlemen negara lain, atau dengan kata lain melakukan diplomasi parlemen.

Deddy Yevri Hanteru Sitorus, Anggota Komisi VI DPR RI

Kelangkaan Minyak Goreng, Komisi 6 DPR: Rantai Pasok Rusak

Hingga saat ini, kelangkaan minyak goreng masih terjadi di beberapa wilayah. Pemerintah dan stakeholder diminta untuk duduk bersama mencari solusi.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022