Demokrat Setuju Gus Dur & Pak Harto Pahlawan

VIVAnews - Dorongan pemberian gelar pahlawan bagi Abdurrahman Wahid atau Gus Dur terus bermunculan dari sejumlah elemen masyarakat. Gelar pahlawan dipandang layak untuk menghormati jasa Gus Dur dalam memperjuangkan semangat pluralisme dan kebhinekaan.

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, menyatakan dukungannya atas usulan itu. "Gus Dur layak dapat anugerah sebagai pahlawan nasional seperti yang ditegaskan Pak SBY saat pemakaman Gus Dur tentang pluralisme dan kulturalisme," katanya di Gedung DPR, Senayan, Senin, 4 Januari 2010.

Menurutnya, semangat pluralisme dan kulturalisme yang selalu diusung Gus Dur adalah poin mendasar yang menjadikannya layak menjadi pahlawan. "Plural itu salah satu pilar demokrasi dan itu perintis," ujarnya.

Namun, pemberian gelar pahlawan butuh proses. Setelah melalui tahap usulan, perlu masuk ke tahap penilaian, hingga akhirnya keputusan. "Kita ikuti prosesnya dan pemerintah akan merespons," ujarnya.

Mengenai keinginan Partai Golkar yang juga menghendaki mantan presiden Soeharto dianugerahi gelar pahlawan, Anas pun melihatnya secara positif. Sebagai pemimpin negara selama 32 tahun tak dipungkiri Soeharto juga banyak memberikan jasanya. "Pak Harto, beliau layak dianugerasi pahlawan," ujarnya. 

Anas mengajak masyarakat tak memupuk dendam terhadap mantan pemimpinnya. Setiap pemimpin pasti pernah membuat kebijakan yang tidak tepat, tapi masyarakat juga harus proporsional melihat jasa yang disumbangkan. "Yang penting bangsa ini tidak larut dalam dendam kepada pemimpin kita, mereka kadang membuat kebijakan yang kurang pas, tapi kalau kita dendam tak tepat," ujarnya.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024
Infografik Obat Kuat Pria

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat

Round-up dari kanal Lifestyle pada Jumat, 26 April 2024. Salah satunya tentang penjelasan dokter Boyke tentang obat kuat yang tidak bereaksi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024