Selasa 1 Oktober 2019: Ada Peristiwa Penting di DPR

Suasana Rapat Paripurna Penutupan Masa Sidang di Komplek Parlemen DPR/MPR RI.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Pelantikan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang baru akan ditetapkan pada Selasa, 1 Oktober 2019. Penetapan dilakukan setelah pelantikan anggota MPR/DPR/DPD.

Kena Veto Amerika Serikat, Palestina Gagal Jadi Anggota Penuh PBB Usai Ajukan Resolusi

"Besok (Selasa) rangkaian pelantikan MPR, DPR, dan DPD dijadwal selesai jam 11.40 WIB. Setelah itu kami istirahat makan siang. Habis itu pembahasan di fraksi masing-masing terhadap agenda yang sudah disusun, persiapan ketua dan pimpinan DPR," kata Sekretaris Jenderal DPR, Indra Iskandar, seperti dikutip VIVAnews.

Ia pun memastikan penetapan dan pelantikan pimpinan DPR selambat-lambatnya Selasa malam, 1 Oktober atau Rabu pagi, 2 Oktober 2019. Setelah pelantikan anggota, Indra menjelaskan, agenda dilanjutkan dengan rapat Badan Musyawarah (Bamus) yang terdiri atas semua fraksi.

Respon Ketua BEM UI Terkait Tantangan Ajakan Anggota TNI untuk KKN di Papua

Anggota DPR tertua dan termuda akan menjadi pimpinan sidang yang memimpin Bamus. "Pimpinan termuda dan tertua akan pimpin rapat Bamus. Kami perkirakan sudah akan ketemu formatnya, DPR itu tidak sulit ya, semua sudah diatur jelas di dalam UU-nya. Sore itu kalau disepakati langsung penetapan pimpinan DPR," ujar Indra.

Ia menjelaskan, kalau masih dimungkinkan maka malam itu juga kesekjenan DPR akan berkoordinasi dengan Mahkamah Agung (MA) untuk langsung diadakan pelantikan. Tapi kalau dirasa terlalu lelah, maka pelantikan pimpinan DPR dilaksanakan keesokan paginya.

Presiden Jokowi Kukuhkan Budi Waseso Cs Jadi Pengurus dan LPK Kwarnas Pramuka 2023-2028

"Kita batasi kalau DPR itu malamnya. Jadi sebenarnya ininya (keputusan) di fraksi ya, domainnya, karena di UU-nya DPR sudah lebih jelas. Lima pemimpinnya itu ada di UU tertinggi. Jadi keputusan fraksi saya kira kalau teman-teman ngikuti, sebenarnya di fraksi-fraksi sekarang sudah ada lah, sudah ada jadwalnya, tinggal besok disampaikan," tutur Indra.

Polisi amankan lima orang usai konsumsi sabu di Depok

Awal Mula 5 Oknum Polisi Ditangkap Diduga Usai Konsumsi Sabu di Depok

Lima oknum anggota Polri ditangkap usai diduga mengonsumsi sabu di Depok. Kasusnya kini ditangani oleh Polda Metro Jaya.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024