Rekam Jejak Arteria Dahlan, Politikus Muda Penuding Emil Salim Sesat

Arteria Dahlan
Sumber :
  • Instagram Arteria Dahlan

VIVA – Politikus PDIP Arteria Dahlan adu argumen dengan ekonom Emil Salim terkait Perppu KPK. Arteria bahkan  sampai menunjuk-nunjuk dan berkata kasar dengan menyebut Emil Salim sesat. 

'Total Football' untuk Mencegah dan Beradaptasi dengan Perubahan Iklim

Sikap Arteria terhadap Emil terjadi saat program Mata Najwa dalam episode Ragu-ragu Perppu, Rabu malam, 9 Oktober 2019. Sebelum menuding Emil Salim, tahun lalu 2018, Arteria juga melontarkan kata 'bangsat' saat rapat kerja Komisi III DPR dengan Kejaksaan Agung.

Analisis Komunikasi Politik dalam Rencana Pertemuan Prabowo dengan Megawati

Sikap Arteria itu pun mendapat kecaman dari banyak pihak. Lalu, siapakah Arteria Dahlan?

Dikutip dari laman wikipidea.org, Kamis 10 Oktober 2019, selain sebagai anggota DPR, Arteria merupakan politikus dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Arteria lahir di Jakarta 7 Juli 1975, ia juga memiliki kantor hukum Arteria Dahlan Lawyers. 

Menteri Era Soeharto Emil Salim Tolak Climate Hero Award karena Merasa Gagal Laksanakan Konvensi Rio

Baca juga: Kesal Kelakuan Tak Sopan Arteria Dahlan, Warganet Ngamuk di Wikipedia

Arteria sempat mengenyam pendidikan di bidang Teknik Elektro pada 1993. Dan saat yang sama pada 1994 Arteria juga mengambil pendidikan di Fakultas Hukum, Universitas Trisakti. Kemudian pada 2012 dia mengambil Ilmu Hukum Ketatanegaraan di Universitas Indonesia. 

Pada 23 Maret 2015 Arteria dilantik sebagai anggota DPR RI mewakili daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur VI menggantikan Djarot Syaiful Hidayat yang ditunjuk sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk mendampingi Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Awalnya, Arteria berada di Komisi II yang mengurusi pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur reformasi birokrasi, dan kemepiluan.

Juni 2017, Arteria dipindah ke Komisi VIII dan tiga bulan kemudian ia bertugas di Komisi III DPR yang membidangi hukum, HAM, dan keamanan.

Saat ini Arteria juga dipilih kembali untuk menjadi wakil rakyat periode 2019-2024 dari partai yang sama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya