Dikecam Sebut Prof Emil Salim Sesat, Ini Penjelasan Arteria Dahlan

Arteria Dahlan
Sumber :
  • Instagram Arteria Dahlan

VIVA – Anggota DPR dari PDIP Perjuangan, Arteria Dahlan menjadi pergunjingan publik Tanah Air. Penampilannya dalam bincang di Mata Najwa yang disiarkan salah satu stasiun televisi swasta menuai kecaman. 

Heboh Baliho Giri Prasta untuk Bali Tak Ada Corak PDIP, Wayan Koster Merespons Sinis

Dalam video yang beredar terlihat Arteria membentak dan menunjuk-menunjuk Emil Salim di acara Mata Najwa episode "Ragu-ragu Perppu", Kamis malam 10 Agustus 2019. 

Arteria terlihat berbicara dengan nada tinggi dan berkali-kali memotong pembicaraan Prof Emil.  Pengacara itu bahkan  sampai menunjuk-nunjuk dan berkata kasar dengan menyebut Emil Salim sesat. 

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati

"Tidak emosi. Saya hanya sayangkan seorang tokoh senior yang saya hormati, dimanfaatkan untuk mengutarakan hal-hal yang sebenarnya di luar kapasitas beliau," kata Arteria saat dikonfirmasi, Kamis 10 Oktober 2019 dilansir dari laman VIVAnews.

Pria yang sebelumnya duduk di Komisi III DPR ini mengaku awalnya sudah sangat sopan. Namun, dia kemudian melihat pendapat Emil terkait muatan Undang-Undang KPK banyak kelirunya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Prof Emil yang notabene tidak berlatarbelakang hukum dan beliau tidak memahami dengan benar materi muatan yang ada di revisi UU KPK, tiba-tiba berpendapat banyak kelirunya," ujar dia.

Arteria mengungkapkan dia sudah coba mengklarifikasi kekeliruan tersebut. Tetapi Emil menurutnya justru telah menista institusi DPR.

"Sudah dicoba untuk diklarifikasi tapi justru menyerang kehormatan, tidak hanya menghina bahkan menista kami, juga institusi DPR," kata Arteria.

Sebelumnya, dalam video itu terlihat Arteria membentak dan menunjuk-menunjuk Emil Salim di acara Mata Najwa episode "Ragu-ragu Perppu", Kamis malam 10 Agustus 2019.  Arteria terlihat berbicara dengan nada tinggi dan berkali-kali memotong pembicaraan Emil.

"Jangan...Prof nanya saya bebas korupsi atau tidak, saya yakin. Jangan digeneralisir, Anda bisa jadi menteri karena proses politik di DPR, Pak jangan salah," ujar Arteria dengan suara meninggi. Dia yang awalnya duduk memajukan badannya sambil menunjuk-nunjuk Emil.

Ketika Emil ingin melanjutkan bicaranya. Arteria kembali mendebatkan pernyataan Emil Salim. Hingga akhirnya sang moderator Najwa Shihab menegur Arteria.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya